Alat Ukur Elektronika dan Kegunaannya

3715 views

Alat Ukur ElektronikaAlat Ukur Elektronika dan Kegunaannya - Berbicara soal pengukuran elektronika, pastinya tak akan pernah lepas dari yang namaya alat ukur. Dalam dunia elekronika, kita mengenal banyak sekali jenis alat ukur. Namun yang paling dasar digunakan adalah multitester atau avometer

Avometer merupakan alat ukur elektronika yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai macam satuan, mulai dari arus, tegangan, sampai dengan hambatan. Selain itu avometer juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah sebuah komponen elektronika itu rusak atau tidak.

Alat Ukur Elektronika

Nah, pada kesempatan kali ini, belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat sedikit informasi mengenai macam-macam alat ukur elektronika beserta dengan fungsinya atau kegunaannya. Bagi anda yang penasaran, simak langsung ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. Amperemeter

Seperti namanya, amperemeter merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika tertutup. Alat yang satu ini dapat digunakan untuk mengukur arus AC maupun arus DC. Cara menggunakan alat ini cukup mudah, tinggal disisipkan ke dalam sebuah rangkaian elektronik. Satuan yang diukur dalam bentu Ampere (A).

2. Voltmeter

Voltmeter adalah sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk mengukur sebuah tegangan dalam satuan volt (V). Cara menggunakan alat ini sangatlah mudah, cukup disematkan secara paralel terhadap ]komponen yang diukur dalam sebuah rangkaian elektronika.

3. Ohm-meter

Ohm-meter adalah perangkat atau alat yang dapat digunakan untuk mengukur sebuah hambatan dalam sebuah bahan konduktor. Satuan yang diukur oleh alat ini berupa Ohm. Sebenarnya alat ini menggunakan galvanometer yang mengukur arus listrik yang melewati suatu hambatan, kemudian dikalibrasi dan ditampilkan dalam satuan Ohm.

4. Oscilloscope

Oscilloscope atau osiloskop merupakan sebuah alat dan perangkat yang digunakan untuk melihat sinyal listrik yang ditampilkan dalam sebuah display sehingga dapat dilihat, diamati, dan dipelajari. Display pada osiloskop akan menampilkan sinyal kontinyu dalam bentuk tertentu.

5. Multitester atau Avometer

Multitester atau Avometer atau Multimeter merupakan sebuah alat atau perangkat universal yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai macam satuan elektronika, mulai dari arus (ampere), tegangan (volt), sampai dengan hambatan (ohm). Alat ini terdiri dari dua macam, yakni multitester analog dan digital.

Sekian informasi mengenai alat ukur elektronika dan kegunaannya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan inspirasi kepada para pembaca semuanya. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya hanya di belajarelektronika.net. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai kumpulan skema elektronika.

Incoming search terms:

  • alat ukur elektronika beserta fungsinya
  • 15 alat ukur elektronika
  • alat ukur elektro dal
  • Alat ukur elektronika
  • alat ukur elektronika beserta keterangan
  • alat ukur elektronika dan ket
  • alat ukur ellektrikal
  • pengertian alat ukur elektronik
  • skema alata2 eletronic

Leave a reply "Alat Ukur Elektronika dan Kegunaannya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.