Apa Itu High Pass Filter dan Low Pass Filter?

319 views

Apa Itu High Pass Filter dan Low Pass Filter? – Dalam dunia elektronika khususnya bidang audio, mungkin kita pernah atau sering mendengar istilah high pass filter dan juga low pass filter. Yang menjadi pertanyaan besar, sebenarnya apa itu high pass filter dan juga low pass filter?

Pada kesempatan yang baik ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info lengkap mengenai pengertian high pass filter danlow pass filter. Sebenarnya selain HPF dan LPF, masih ada satu lagi istilah yang juga sangat akrab di dunia peraudioan, yakni band pass filter alias BPF.

Bagi anda yang baru terjun di bidang elektronika maupun audio, tentu masih bingung dengan beberapa istilah tersebut. Oleh karena itu, tak perlu beralama-lama lagi, langsung saja kita simak bersama informasi mengenai pengertian high pass filter dan juga low pass filter berikut ini.

Pengertian High Pass Filter

High pass filter adalah jenis filter yang mampu melewatkan frekuensi tinggi, serta menahan atau meredam frekuensi rendah. Cara kerja high pass filter ini adalah dengan cara memperlemah atau menurunkan tegangan keluaran untuk semua frekuensi yang berada di bawah frekuensi cut-off fc.

High pass filter memiliki tegangan output dari DC (0 Hz), sampai ke titik cut-off tertentu (ƒc) frekuensi. Titik cut-off frekwensi rendahnya sebesar 70,7 % atau -3 dB. High pass filter kadang kala juga disebut dengan nama low cut filter, bass cut filter, atau sering juga disebut rumble filter. Berikut contoh skema rangkaian high pass filter.

Baca juga : Cara Memilih Crossover Aktif atau Pasif

Pengertian Low Pass Filter

Low pass filter adalah kebalikan dari high pass filter. LPF biasa digunakan untuk meneruskan sinyal yang memiliki frekwensi rendah, dan meredam sinyal yang memiliki frekwensi tinggi. Sinyal yang dimaksud bisa berupa sinyal listrik maupun data-data digital seperti citra dan juga suara.

Low pass filter sering diaplikasikan pada audio, untuk meredam frekuensi tinggi (yang kerap digunakan pada tweeter) sebelum masuk ke speaker bass atau subwoofer (dengan frekuensi rendah). Nah, berikut skema rangkaian dari low pass filter yang bisa anda coba buat sendiri di rumah.

Sedikit tambahan, lantas apa itu band pass filter alias BPF? Band pass filter adalah filter yang dapat meloloskan sinyal yang berada pada frekwensi di atas frekuensi batas bawah (fL), dan berada di bawah frekuesni batas atas (fH). Semoga info singkat mengenai apa itu high pass filter dan low pass filter dapat bermanfaat.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.