Aplikasi Elektronika Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari

5190 views

Aplikasi Elektronika DayaAplikasi Elektronika Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari - Elektronika daya atau power electronics adalah aplikasi elektronika yang titikberatnya terdapat pada pengaturan peralatan listrik yang memiliki daya besar dengan cara mengubah parameter-parameter  listrik seperti tegangan, arus, sampai dengan daya listrik.

Aplikasi yang dimaksud adalah rangkaian yang menggunakan alat-alat elektronika, utamanya semikonduktor yang memiliki fungsi sebagai saklar atau switching untuk melakukan pengaturan. Caranya adalah dengan mengubah tipe sumber dari AC ke AC, AC ke DC, DC ke DC, dan DC ke AC.

Aplikasi Elektronika Daya

Setelah sebelumnya belajarelektronika.net membahas sedikit informasi mengenai simbol elektronika dan fungsinya, kali ini akan dilanjutkan dengan info terbaru seputar aplikasi elektronika daya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi anda yang ingin tahu informasi secara lengkapnya, simak di bawah ini.

Konverter AC ke DC (Penyearah)

Konverter AC ke DC merupakan suatu rangkaian digunakan untuk mengubah arus AC menjadi arus DC, yang dapat dikendalikan atau diatur. Fungsi konverter tersebut tentunya menyearahkan arus listrik arus bolak-balik menjadi searah. Misal sebuah energi listrik AC 220 V/50 Hz yang diturunkan melewati transformator menjadi 12 VAC,  kemudian disearahkan oleh dioda menjadi DC 12V.

Konverter AC ke AC (Cycloconverter atau Matrix)

Konverter AC ke AC atau biasa disebut dengan Cycloconverter / Matrix adalah suatu rangkaian yang dapat mengubah arus AC tetap menjadi arus AC yang dapat dikendalikan atau diatur. Konverter AC ke AC memiliki fungsi mengubah energi listrik arus bolak balik menjadi arus bolak balik dengan tegangan maupun frekuensi yang lain. Misalnya listrik AC 220 V dengan frekuensi 50 Hz diubah menjadi listrik AC 110 V dengan frekuensi 100 Hz.

Konverter DC ke DC (Chopper)

Konverter DC ke DC adalah suatu rangkaian yang dapat mengubah arus DC tetap menjadi arus DC yang dapat dikendalikan atau diatur. Fungsinya adalah mengubah arus searah ke dalam besaran yang berbeda. Misalnya listrik DC 15V diubah menjadi listrik DC 5V.

Konverter DC ke AC (Inverter)

Konverter DC ke AC atau yang biasa disebut Inverter adalah suatu rangkaian dapat mengubah arus DC tetap menjadi arus AC yang dapat dikendalikan atau diatur. Konverter DC ke AC memiliki fungsi mengubah listrik searah menjadi listrik bolak-balik pada tegangan serta frekuensi yang bisa diatur. Misalnya listrik DC 12 V dari akumulator diubah menjadi listrik tegangan AC 220V dengan frekuensi 50 Hz.

Sekian informasi mengenai aplikasi elektronika daya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa baca artikel menarik lain seputar ebook belajar elektronika gratis.

Incoming search terms:

  • aplikasi elektronika daya
  • aplikasi elektronika daya dalam kehidupan sehari-hari
  • penerapan elektronika daya
  • rangkaian elektronika daya
  • contoh aplikasi AC to AC
  • pengertian rangkaian elektronika daya
  • aplikasi dioda dalam kehidupan sehari-hari
  • aplikasi inverter dan konverter
  • tuliskan contoh aplikasi rangkaian eletronika
  • alat alat elektronika dalam kehiupan sehari hari

Leave a reply "Aplikasi Elektronika Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.