Arti Warna Kabel Instalasi Listrik di Rumah

5543 views

Arti Warna Kabel Instalasi Listrik di Rumah – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa di setiap rumah yang sudah terpasang instalasi listrik pasti terdapat kabel. Karena listrik tersebut mengalir melalui kabel. Ada banyak sekali jenis kabel yang digunakan mulai dari kabel tunggal sampai dengan kabel serabut.

Selain itu merk kabelnya pun juga berbeda-beda karena saat ini ada banyak sekali produsen kabel baik lokal maupun luar negeri. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan kaitannya dengan kabel instalasi listrik. Salah satunya adalah warnanya. Ya, jadi masing-masing warna kabel instalasi listrik di rumah punya arti atau makna tersendiri.

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui arti warna kabel instalasi listrik guna menghindari terjadinya masalah seperti konsleting dan lain-lain. Buat anda para teknisi listrik mungkin sudah sangat familiar dengan arti dari berbagai macam warna kabel instalasi listrik. Namun buat anda yang orang biasa tentu akan sedikit membingungkan.

Arti Warna Kabel Instalasi Listrik

Karena itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai penjelasan atau arti warna kabel instalasi listrik di rumah mulai dari warna merah, hitam, biru, kuning, sampai dengan kuning strip hijau. Penasaran? Langsung saja simak ulasan berikut.

Secara umum, kabel-kabel yang kita ketahui seperti NYA, NYM, dan NYY memiliki tiga konfigurasi warna yang berbeda-beda. Ketiga warna tersebut antara lain adalah biru, kuning, dan hitam. Masing-masing warna punya arti dan penjelasan yang berbeda-beda. Berikut arti dari warna kabel biru, kuning, dan hitam.

  • Biru : digunakan untuk muatan listrik negatif atau netral
  • Kuning : digunakan untuk grounding atau pentanahan
  • Hitam : digunakan untuk muatan listrikpositif atau fasa atau api

Selain itu ada juga beberapa warna kabel lain yang mungkin anda jumpai di lapangan seperti warna hijau strip kuning, merah, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan mengenai warna-warna isolasi kabel tersebut agar anda tidak salah mengenali sehingga terjadi masalah yang membahayakan seperti konsleting dan lain-lain.

Baca juga : Jenis-jenis Kabel Listrik

Warna Merah, Kuning, Hitam

Kabel instalasi listrik berwarna merah, kuning, dan hitam digunakan untuk muatan listrik positif. Hati-hati saat anda menemukan kabel dengan warna ini karena nyetrum bila terkena kulit. Selain itu kabel jenis ini saat dialiri listrik dan diuji menggunakan tespen, maka tespen tersebut akan menyala.

Warna Biru

Kabel instalasi listrik berwarna biru digunakan untuk muatan listrik negatif. Kebal instalasi listrik warna biru ini tidak nyetrum bila terkena kulit. Jadi anda tidak perlu kawatir. Selain itu kabel jenis ini saat dialiri listrik dan diuji menggunakan tespen, maka tespen tersebut tidak akan menyala.

Warna Kuning Strip Hijau

Kabel instalasi listrik berwarna kuning strip hijau ini digunakan untuk muatan listrik arde yang diambil dari tanah alias ground. Kabell grounding ini dibuat untuk urusan keamanan. Grounding dapat dibuat dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah yang nantinya disambungkan pada terminal stopkontak.

Pembuatan warna-warni kabel ini punya banyak sekali manfaat mulai dari untuk memudahkan dalam pemasangan, perawatan, dan keamanan sehingga tidak akan tertukar antara satu kabel dengan kabel yang lainnya. Semoga informasi mengenai arti warna kabel instalasi listrik di rumah ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

Incoming search terms:

  • warna kabel listrik
  • warna kabel
  • arti warna kabel listrik
  • arti warna kabel
  • warna kabel merah dan hitam
  • arti warna kabel dalam instalasi listrik
  • arti warna dalam kabel listrik
  • arti warna kabel merah
  • warna kabel untuk positif
  • arti warna kabel pada elektronik
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.