Bagian Bagian Dari Power Amplifier dan Fungsinya

16189 views

bagian bagian power amplifierBagian Bagian Dari Power Amplifier dan Fungsinya - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa power amplifier merupakan sebuah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk menguatkan sinyal. Rangkaian ini biasanya digunakan untuk menguatkan sinyal audio. Tak heran jika amplifier selalui bersanding dengan speaker.

Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagian-bagian yang terdapat pada rangkaian amplifier, lengkap beserta dengan fungsinya. Buat anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lengkapnya, bisa simak baik-baik ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

Bagian Bagian Amplifier

Secara garis besar, terdapat 3 bagian utama yang sangat penting dalam sebuah amplifier. Bagian-bagian tersebut adalah pre amp, tone control, dan power amplifier. Bagi anda yang ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai penjelasan dari 3 bagian power amplifier tersebut, silahkan simak baik-baik ulasan berikut.

bagian amplifier

1. Pre Amp

Pre Amp merupakan bagian dari amplifier yang memiliki fungsi menguatkan serta menyamakan sinyal input dan mengarahkannya dari komponen sumber sinyal atau sinyal line level menuju ke power amplifier. Sinyal-sinyal dari input seperti MP3 player, DVD, dan alat lainnya memiliki sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu Pre Amp harus mengadaptasinya.

2. Tone Control

Tone Control atau pengatur nada merupakan bagian dari amplifier yang memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan karakteristik frekuensi atau bisa dibilang nada rendah dan nada tinggi. Bagian ini juga berfungsi mengatur amplitudo sinyal audio. Terdapat dua metode tone control dalam amplifier, yakni metode tone control pasif dan metode tone control aktif.

Masing-masing metode tone control tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Dengan kata lain, bagian tone kontrol ini dapat kita gunakan untuk mengatur Treble, Bass, Midle, Balance, dan Volume agar kualitas suara sesuai dengan yang kita inginkan.

3. Power Amplifier

Power amplifier atau penguat akhir merupakan inti dari rangkaian power amplifier itu sendiri. Bagian ini memiliki fungsi menguatkan sinyal audio yang akan dikeluarkan melalui gelombang suara pada loudspeaker. Sinyal audio tersebut diorganisasikan terlebih dahulu kemudian diboost sebelum dikirim ke speaker.

Selain 3 bagian inti tersebut, ada beberapa bagian lain yang sifatnya hanya sebagai pendukung dalam rangkaian amplifier seperti power supply, headsink dan kipas, jack input dan output, sampai dengan switch atau skalar selektor. Sekian informasi mengenai bagian bagian penting pada amplifier. Sempga informasi tadi dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

  • bagian bagian audio amplifier beserta fungsinya
  • fungsi amplifier
  • komponen amplifier dan fungsinya
  • bagian bagian amplifier dan fungsinya
  • fungsi power amplifier
  • bagian bagian audio amplifier
  • bagian bagian amplifier
  • bagian amplifier
  • bagian amplifier dan fungsinya
  • bagian bagian power amplifier

Leave a reply "Bagian Bagian Dari Power Amplifier dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.