Belajar Arduino Uno Bagi Pemula

10981 views

belajar arduino uno pemulaBelajar Arduino Uno Bagi Pemula - Saat belajar mendalami elektronika, kita akan dihadapkan pada materi yang membahas mengenai mikrokontrol ataupun arduino. Dan pada kesempatan yang baik ini, Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk belajar lebih dalam mengenai arduino.

Bagi anda yang belum tahu apa itu arduino, akan kami jelaskan secara singkat. Jadi arduino adalah sebuah pengendali mikro board tunggal yang yang memiliki sifat open source atau terbuka. Perangkan arduino sebenarnya merupakan turunan dari Wiring platform yang memang dirancang untuk mempermudah penggunaan alat elektronik dalam berbagai bidang.

Sama halnya mikrokontrol, arduino juga sering digunakan oleh para pehobi untuk membuat berbagai macam alat elektronika seperti robot, dan lain sebagainya. Arduino dipilih karena selain mudah digunakan, juga harganya yang lebih terjangkau. Arduino dapat digunakan baik untuk pemulai maupun yang sudah professional.

Belajar Arduino Uno Bagi Pemula

Berbeda dengan mikrokontrol yang menggunakan bahasa pemrograman assembler, arduino menggunakan bahasa C yang lebih mudah dan terstruktur. Sebelum menginjak lebih lanjut mengenai materi belajar arduino, sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan dari arduino.

1. Harga Murah

Seperti yang telah dikatakan tadi, bahwa arduino dijual dengan harga yang relatif murah dibanding dengan board kontrol lainnya. Harga dari perangkat ini sangat bervariasi, mulai dari 100 ribu sampai dengan 400 ribu. Harga tersebut tentunya dapat dijangkau oleh semua kalangan.

2. Sederhana

Perlu anda ketahui bahwa struktur dan bahasa pemrograman yang digunakan oleh arduino terbilang sangat sederhana. Arduino menggunakan bahasa C yang lebih mudah dibandingkan bahasa lain seperti assembler. Tak heran jika perangkat ini cocok digunakan oleh para pemula.

3. Open Source

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa arduino ini memiliki sifat open source alias terbuka. Jadi semua orang bebas untuk membuat dan mengembangkan perangkat ini, baik untuk digunakan sendiri ataupun dijual kepada publik. Anda juga bisa melakukan modifikasi terhadap perangkat arduino yang ada.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari perangkat arduino, selanjutnya Belajar Elektronika akan menjelaskan bagian-bagian apa saja yang ada pada arduino. Sebuah arduino selalu memiliki soket USB, input/output digital/analog, pin catu daya, dan juga baterai atau adaptor.

skema arduino uno

Saat ini ada banyak sekali jenis arduino mulai dari arduino uno, arduino due, arduino lilypad, arduino nano, arduino mini, arduino micro, arduino mega, arduino leonardo, arduino fio, arduino ethernet, arduino esplora, sampai dengan arduino robot. Masing-masing jenis arduino tersebut punya ciri dan karakteristik masing-masing.

Baca juga : Cara Membuat Robot Bagi Pemula

Itulah tadi dasar-dasar yang harus anda pelajari lebih lebih lanjut seputar arduino. Dan untuk memperdalam pemahaman anda mengenai arduino, ada baiknya anda membaca ebook belajar arduino untuk pemula lengkap dan mudah dicerna, utamanya bagi anda yang baru belajar mengenai elektronika dan arduino.

Download:

Ebook Belajar Arduino Pemula Lengkap PDF

Demikian informasi lengkap mengenai belajar arduino uno untuk pemula. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi semua, khususnya bagi anda para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan sampai lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • belajar arduino untuk pemula
  • belajar arduino pemula
  • belajar arduino pdf
  • belajar arduino uno pdf
  • belajar program arduino bagi pemula
  • belajar arduino uno
  • belajar arduino
  • arduino untuk pemula
  • belajar arduino bagi pemula
  • belajar pemrograman arduino pdf

Leave a reply "Belajar Arduino Uno Bagi Pemula"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.