Belajar Elektronika Dasar Untuk Pemula

3328 views

belajar elektronika dasarBelajar Elektronika Dasar Untuk Pemula - Sebagian orang menganggap bahwa belajar elektronika itu sulit. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang enggan untuk belajar elektronika. Ditambahkan lagi penghitungan-penghitungan yang berkaitan dengan matematika dan fisika membuat banyak orang malas mempelajarinya.

Perlu diketahui bahwa belajar elektronika tidaklah sesulit yang dibayangkan. Konsep belajar elektronika juga tak berbeda dengan cabang ilmu yang lainnya. Walaupun sedikit bersifat teoritis, namun belajar elektronika tak membosankan. Ada satu hal yang dibutuhkan oleh seorang pemula yang ingin mendalami dunia elektronika. Satu hal tersebut adalah kemauan.

Jika kita sudah memiliki kemauan untuk belajar, maka ilmu-ilmu dalam dunia elektronika akan lebih mudah dicerna. Pertama-tama jika anda ingin belajar elektronika, maka pahami dulu konsep-konsep dasarnya mulai dari komponen, rangkaian, pengukuran, sampai dengan prakteknya seperti menyolder dan merakit komponen.

Belajar Elektronika Dasar

Pada kesempatan kali ini belejarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai pelajaran elektronika dasar untuk pemula. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari oleh para pemula jika hendak terjun di dunia elektronika. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Niat dan Kemauan Belajar

Hal pertama yang harus anda siapkan jika memang berniat ingin belajar elektronika adalah niat dan kemauan untuk belajar. Mantapkan diri anda untuk belajar agar nantinya saat sudah berjalan, anda bisa melakukannya dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah. Belajar elektronika juga diperlukan proses yang panjang dan tidak mudah. Oleh sebab itu persiapkan mental untuk tidak mudah menyerah.

2. Belajar Teori

Setelah memiliki niat dan kemauan yang kuat, coba buka dan baca buku yang berkaitan dengan teori-teori elektronika. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yang ada seperti mesin pencari Google untuk menemukan informasi dan teori-teori yang berkaitan dengan elektronika seperti web belajarelektronika.net ini.

3. Kenali Komponen Elektronika

Anda harus mengenali jenis, nama, dan fungsi komponen-komponen elektronika. Komponen elektronika ini sangat penting untuk dipelajari. Jika anda ingin belajar mengenai komponen elektronika, bisa baca artikel yang telah ditulis sebelumnya. Anda bisa membacanya pada artikel komponen elektronika.

4. Pelajari Pengukuran

Setelah tau macam-macam komponen elektronika dan fungsinya. Selanjutnya anda harus mempelajari pengukuran. Pengukuran ini meliputi pengukuran arus, daya, tahanan, dan termasuk pengukuran nilai komponen elektronika. Informasi lengkap mengenai pengukuran komponen elektronika bisa anda baca pada artikel pengukuran komponen.

5. Persiapkan Alat

Setelah anda mengetahui dasar-dasar teori elektronika, selanjutnya persiapkan alat-alat untuk menunjang praktek. Alat-alat tersebut meliputi solder, obeng, multimeter, timah, tang, pinset, dan beberapa alat lain yang dibutuhkan untuk keperluan belajar elektronika. Anda bisa mendapatkan semua alat tersebut di penjual komponen elektronika.

6. Belajar Menyolder

Praktek pertama yang harus anda lakukan saat belajar elektronika adalah praktek menyolder. Anda bisa menggunakan solder minimalis, timah, dan PCB untuk belajar menyolder. Solderan yang baik adalah solderan yang matang dan rapih. Bentuknya mengerucut seperti gunung.

7. Belajar Merakit Komponen

Setelah itu anda harus belajar merakit komponen dan membuat rangkaian elektronika. Silahkan baca dulu artikel rangkaian elektronika dasar sebagai referensi. Anda bisa mencoba membuat rangkaian sederhana seperti flip flop ataupun power supply dan merakitnya.

8. Troubleshooting

Pada tingkat lebih lanjut, anda bisa mempelajari yang namanya troubleshooting. Hal ini dilakukan jika ada bagian dari rangkaian elektronika yang tidak berfungsi, anda bisa memperbaikinya. Tidak mudah memang, namun jika anda sudah bisa menguasai hal ini, maka anda bisa membuka servis barang elektronik sendiri di rumah.

Sekian informasi mengenai belajar elektronika dasar untuk pemula. Semoga artikel tadi dapat bermanfaat dan menginspirasi pembaca setia belajarelektronka.net. Anda bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai fungsi komponen dasar elektronika.

Incoming search terms:

  • belajar elektronika
  • yang harus di pahami tentang alat alat electronica
  • belajareelektronik net
  • belajar elektronika dasar untuk pemula
  • belajar elektronika dasa r
  • belajar elektronik untuk pemula
  • belajar elektro dadar
  • belajar dasar2 elektronik
  • Apa yag diketahui tentang elektronika
  • apa saja yang perlu di pelajari bagi pemula elektro

Leave a reply "Belajar Elektronika Dasar Untuk Pemula"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.