Besar Watt atau Daya Listrik Mesin Cuci dan Kulkas

4066 views

Besar Watt atau Daya Listrik Mesin Cuci dan Kulkas – Tentunya anda semua pernah bertanya-tanya dalam hati, sebenarnya berapa besar watt atau daya listrik peralatan elektronik yang kita gunakan di rumah? Tentunya pertanyaan tersebut akan terus muncul, seiring meningkatnya harga listrik per kwh.

Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa harga listrik di Indonesia semakin hari semakin naik. Tercatat di tahun 2017 ini sudah beberapa kali mengalami kenaikan, kecuali untuk paket listrik yang paling rendah, yakni 450 watt. Pertanyaan lain yang muncul adalah, sebenarnya peralatan listrik atau elektronik mana yang watt nya paling besar?

Peralatan elektronik yang punya watt besar dan digunakan dalam waktu lama tentu akan membuat tagihan listrik menjadi bengkak. Oleh karena itu biasanya orang-0rang berfikir dua kali untuk menggunakan peralatan elektronik dengan watt besar seperti halnya mesin cuci maupun kulkas. Namun benarkah dua alat elektronik tersebut watt nya besar? Simak ulasan berikut.

Berapa Watt Listrik Mesin Cuci

Mesin cuci adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang kini digunakan oleh hampir semua orang. Hampir semua rumah punya alat elektronik yang satu ini karena sangat bermanfaat untuk meringankan aktivitas mencuci pakaian. Namun tahukah anda berapa watt litrik mesin cuci baik yang 1 tabung maupun 2 tabung?

Meskipun merk mesin cuci sangat beragam mulai dari LG, Samsung, Sharp, Polytron, Sanken, dan lain-lain, namun secara garis besar watt nya sama. Ada beberapa kriteria yang mementukan besar tidaknya watt mesin cuci, yakni fitur yang ada di dalamnya dalam seberapa besar daya tampungnya. Contohnya sebagai berikut.

  • Mesin cuci front loading tanpa water heater : sekitar 300 watt
  • Mesin cuci front loading dengan water heater : sekitar 2.250 watt
  • Mesin cuci top loading 6 kg 1 tabung / 2 tabung : sekitar 250 watt
  • Mesin cuci top loading 8 kg 1 tabung / 2 tabung : sekitar 300 watt

Besar watt tersebut tidaklah paten alias hanya perkiraan saja. Namun mayoritas mesin cuci punya watt yang tak jauh dari nilai yang telah kami sebutkan tadi. Jika anda ingin hemat listrik, sebaiknya anda gunakan mesin cuci top loading. Namun jika anda ingin hasil maksimal, bisa gunakan mesin cuci front loading.

Baca juga : Cara Hemat Listrik Pulsa

Berapa Watt Listrik Kulkas

Selain mesin cuci, ada alat elektronik lain yang membuat banyak orang bingung untuk menggunakannya atau tidak dengan alasan watt nya besar. Ya, alat elektronik yang dimaksud tak lain adalah kulkas. Namun benarkah kulkas punya watt besar sehingga membuat tagihan listrik membengkak?

Oke, sebelum itu anda harus tahu bahwa setiap jenis kulkas punya watt yang berbeda-beda. Misal kulkas 1 pintu watt nya berbeda dengan kulkas 2 pintu. Untuk merk tidak berpengaruh ntah kulkas merk LG, Samsung, Polytron, atau yang lain, namun semakin banyak fiturnya, semakin besar lagi wattnya.

  • Kulkas 1 pintu : sekitar 80 watt
  • Kulkas 2 pintu : sekitar 125 watt

Tidak semua kulkas punya watt sama persis dengan nilai yang telah kami sebutkan tadi, namun bisa dipastikan nilai watt nya tidak akan jauh berbeda. Apalagi kulkas yang sudah dilengkapi dengan heater. Karena ada pemanasnya, tentu wattnya juga akan jauh lebih besar dibanding dengan kulkas biasa.

Jika anda kurang puas dengan info ini, dan ingin tahu berapa nilai pasti watt kulkas dan mesin cuci yang ada di rumah anda, silahkan gunakan alat bernama wattmeter yang memang berfungsi untuk mengukur daya listrik alat elektronik. Semoga info tentang besar watt daya listrik kulkas dan mesin cuci ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • watt mesin cuci
  • daya mesin cuci
  • daya listrik mesin cuci berapa watt
  • berapa watt mesin cuci
  • daya watt mesin cuci
  • daya listrik kulkas
  • daya listrik mesin cuci
  • mesin cuci berapa watt
  • watt listrik mesin cuci
  • berapa daya listrik mesin cuci
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.