Cara Install Driver Arduino di Windows 10 32 dan 64bit

2676 views

Cara Install Driver Arduino di Windows 10 32 dan 64bit – Bagi anda para praktisi elektronika tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya arduino. Ya, arduino adalah pengendali mikro single-board yang dirancang khusus untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang.

Dengan adanya arduino ini para pegiat elektronika lebih dimudahkan karena tidak perlu membuat rangkaian elektronika khusus untu keperluan tertentu. Cukup gunakan board arduino dan masukkan program sesuai dengan kebutuhan, seperti program timer, counter, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang sudah lama kenal dengan arduino mungkin sudah tidak asing lagi dengan bagaimana cara memasukan program ke dalam board arduino. Ya, kita bisa memasukkan sebuah program ke dalam IC arduino dengan bantuan komputer baik PC maupun laptop. Media penghubung yang digunakan ialah kabel USB.

Cara Install Driver Arduino

Namun perlu anda ketahui bahwa arduino baik seri uno, R3, atau yang lainnya tidak bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan PC atau laptop jika tidak ada driver. Oleh sebab itu diperlukan driver arduino agar kedua perangkat tersebut bisa berkomunikasi sebagaimana mestinya.

Anda bisa mendownload driver arduino di berbagai macam website. Masing-masing jenis arduino punya driver tersendiri. Jadi silahkans sesuaikan dengan seri arduino yang anda gunakan. Namun pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net tidak akan berbagi link download driver arduino.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi info mengenai cara install driver arduino di PC atau laptop agar bisa digunakan untuk memasukkan program melalui kabel USB. Seperti yang kita tahu bahwa komputer Windows yang ada saat ini versinya bermacam-macam, mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, sampai dengan Windows 10.

Jika anda pengguna komputer atau laptop dengan OS Windows 10 dan belum tahu bagaimana cara install driver arduino baik uno, R3, atau seri yang lainnya, langsung saja simak baik-baik ulasan berikut. Oh iya cara ini bisa anda coba di komputer dengan OS Windows 10 baik yang 32 bit maupun 64 bit.

Baca juga : Daftar Harga Arduino Terbaru 2018

  1. Pertama-tama silahkan sambungkan arduino ke PC atau laptop Windows 10 anda dengan menggunakan kabel USB
  2. Setelah itu buka Device Manager. Caranya tinggal tekan tombol Windows + Pause Break secara bersamaan, lalu pilih Device Manager yang ada di menu sebelah kiri
  3. Apabila sudah masuk ke tampilan Device Manager, silahkan pilih Ports (COM & LPT). Setelah itu akan muncul drop down yang bertuliskan USB Serial Device (COM4)
  4. Klik kanan pada bagian USB Serial Device (COM4) tersebut, lalu pilih Update Driver
  5. Setelah itu akan muncul dua pilihan, silahkan pilih saja Browse my computer for driver software
  6. Langkah berikutnya silahkan cari dimana folder anda menyimpan driver arduino. Oleh sebab itu pastikan anda sudah memiliki drivernya. Jika belum punya, silahkan download terlebih dahulu
  7. Setelah anda memilih folder lokasi driver arduino, silahkan klik OK dan tunggu sampai proses instalasi driver selesai
  8. Jika proses instalasi berhasil, maka tulisan USB Serial Device (COM4) pada Device Manager akan berubah menjadi Arduino Uno (COM4) atau seri yang lain sesuai dengan arduino yang anda gunaan
  9. Terakhir anda bisa langsung memasukkan program ke dalam arduino dari komputer

Bagaimana, sangat praktis dan mudah bukan? Semoga info singkat mengenai cara install driver arduino uno di Windows 10 atau seri yang lainnya ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, terutama para pemain arduino pemula yang belum tahu bagaimana cara menghubungkan perangkat arduino ke komputer untuk download program.

Incoming search terms:

  • arduino uno windows 8 64bit driver
  • driver arduino
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.