Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak

960 views

Cara Kerja Mesin Diesel 2tak dan 4tak – Pada kesempatan kali ini situs belajarelektronika.net akan memberikan informasi yang sedikit melenceng dari dunia elektronika dan juga kelistrikan. Ya, pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi informasi mengenai mesin diesel. Tak ada salahnya mempelajarinya karena bisa menambah pengetahuan dan juga wawasan.

Saat dikaitkan dalam dunia otomotif masa kini, mesin dan elektronika memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Karena itu tidak ada salahnya jika kita mempelajari dua cabang ilmu tadi. Seperti yang kita tahu saat ini ada dua jenis mesin diesel yang kita kenal. Yang pertama adalah mesin diesel 2 tak, dan yang kedua adalah mesin diesel 4 tak.

Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan perbedaan antara dua jenis mesin diesel tersebut. Nah, berikut akan kami bahas lebih lanjut bagaimana cara kerja mesin diesel baik yang 2 tak maupun yang 4 tak. Oke, daripada terus berbasa-basi langsung saja simak informasi mengenai prinsip kerja mesin diesel 2 dan 4 tak berikut ini.

Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak

Seperti yang kita tahu bahwa sebuah mesin baik yang 2 tak maupun yang 4 tak terdiri dari empat siklus. Siklus tersebut ialah siklus hisap atau intake, siklus kompresi atau compression, siklus ledak atau power, dan yang terakhir adalah siklus buang atau exhaust. Pada mesin 2 tak, satu kali putaran 360 derajat (kruk as atau crankshaft) terdiri dari 4 siklus.

4 siklus tadi terdiri dari setengah putaran (180 derajat) yang melakukan 2 siklus. Mesin 2 tak tidak menggunakan klep atau valve dan noken as atau camshaft seperti halnya pada mesin 4 tak. Sebagai gantinya mesin 2 tak menggunakan membran yang posisinya berada setelah karburator. Tak heran jika mesin 2 tak lebih responsif dan akselerasinya juga lebih bagus.

Akan tetapi mesin diesel 2 tak lebih boros bahan bakar karena memerlukan tenaga besar pada saat putaran atau RPM tinggi. Dimensi mesin 2 tak cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin 4 tak. Akan tetapi mesin 2 tak akan mengeluarkan banyak asap saat digunakan. Berikut cara kerja dari siklus mesin diesel 2 tak.

Siklus 1 (Piston Bergerak dari TMA ke TMB)

  • Pada posisi TMA ke TMB, piston menekan ruang bilas yang letaknya berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, maka semakin meningkat pula tekanan pada ruang bilas
  • Pada posisi tertentu, piston akan melewati lubang pembuangan dan juga pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang berbeda tergantung desain. Pada umumnya ring piston akan terlebih dahulu melewati lubang pembuangan
  • Gas yang ada di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan pada saat piston melewati lubang pembuangan
  • Selain itu gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa menuju ke dalam ruang bakar, dan mendorong keluar gas yang berada dalam ruang bakar menuju ke lubang pembuangan pada saat ring piston melewati lubang pemasukan
  • Piston menekan ruang bilas terus menerus sampai ke titik TMB, sekaligus memompa gas yang berada dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar

Siklus 2 (Piston Bergerak dari TMB ke TMA)

  • Pada posisi TMB ke TMA, piston akan menghisap gas yang berasal dari hasil percampuran udara, bahan bakar, serta pelumas menuju ke dalam ruang bilas. Yang bertugas melakukan percampuran ini adalah karburator atau sistem injeksi
  • Piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar pada saat melewati lubang pemasukan dan pembuangan sampai ke TMA
  • Busi akan menyala untuk membakar gas yang berada dalam ruang bakar, beberapa saat sebelum piston sampai ke TMA

Baca juga : Daftar Harga Mesin Genset Terbaru

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Cara kerja mesin 4 tak memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan mesin 2 tak. Jika dibandingkan dengan mesin 2 tak, mesin 4 tak kurang responsif namun lebih hemat bahan bakar. Mesin 4 tak punya 4 siklus dengan melakukan 2 kali putaran 720 derajat kruk as atau crankshaft. Mesin 4 tak juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan oli samping

Berbeda dengan mesin 2 tak, mesin 4 tak menggunakan klep atau valve yang digerakan oleh noken as. Efeknya semua siklus yang dijalankan berjalan dengan lebih sempurna. Nah, jika anda ingin tahu cara kerja mesin diesel 4 tak, silahkan simak 4 tahap dalam satu siklus berikut ini.

Tahap 1

Pada tahap satu, piston bergerak dari TMA ke TMB. Posisi katup masuk terbuka, sedangkan katup keluar tertutup. Akibatnya udara atau gas terhisap masuk menuju ke dalam ruang bakar. Proses dimana udara atau gas sebelum masuk menuju ke ruang bakar dapat dilihat dan diamati pada sistem pemasukkan.

Tahap 2

Pada tahap dua, piston bergerak dari TMB ke TMA. Di tahap ini, posisi katup masuk dan keluar sama-sama tertutup. Akibatnya udara atau gas dalam ruang bakar menjadi terkompresi. Sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan terjadi (penyuntikan atau penyemprotan bahan bakar pada mesin diesel).

Tahap 3

Pada tahap yang ke-3 ini, gas yang terbakar dalam ruang bakar akan memberikan tekanan yang lebih dalam ruang bakar, sehingga mengakibatkan piston terdorong dari TMA menuju ke TMB. Dalam tahap atau proses yang ketiga inilah mesin akan menghasilkan tenaga yang diperlukan.

Tahap 4

Pada tahap yang terakhir atau tahap keempat, piston bergerak dari TMB menuju ke TMA. Pada tahap ini. posisi katup masuk terutup, sedangkan katup keluar terbuka. Akibatnya sisa gas pembakaran terdorong menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan menuju ke lubang pembuangan.

Demikian informasi lengkap mengenai cara kerja mesin diesel baik yang 2 tak maupun yang 4 tak. Semoga dengan adanya informasi tadi dapat bermanfaat bagi pembaca situs belajarelektronika.net di manapun anda berada, terutama yang ingin mulai belajar memahami mesin disamping elektronika.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.