Cara Kerja Solar Cell Panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya

7201 views

cara kerja solar cell pembangkit listrik tenaga suryaCara Kerja Solar Cell Panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya - Panel surya atau yang juga kerap disebut dengan solar cell merupakan salah satu jenis pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat populer saat ini. Panel jenis ini tak hanya digunakan di perusahaan-perusahaan besar, namun juga rumah-rumah individu.

Tak heran memang karena solar cell dipilih karena lebih praktis, hemat, dan efisien. Selain itu biaya produksi solar cell juga tak terlalu mahal. Dengan menggunakan panel surya, tentunya kita dapat menghemat listrik dari PLN. Itulah sebab mengapa banyak orang yang kini mulai menggunakan alternatif panel surya untuk memenuhi energi listrik di rumahnya.

Cara Kerja Solar Cell (PLTS)

Pada kesempatan yang baik ini, Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai cara kerja atau prinsip kerja solar cell yang masih belum banyak orang yang tahu. Dengan memahami prinsip kerja dari panel listrik tenaga surya ini, anda akan lebih mudah jika suatu saat ingin membuatnya sendiri di rumah.

Perlu diketahui bahwa solar cell terbuat dari bahan semikonduktor. Dalam satu solar cell setidaknya terdapat dua lapisan semikonduktor, yakni lapisan semikonduktor positif dan negatif. Saat solar cell bekerja, maka ia akan menangkap sinar matahari yang berupa partikel kecil dari energi foton matahari.

Saat energi foton yang diserap oleh lapisan negatif dari solar sel telah cukup, maka elektron akan dibebaskan dari lapisan negatif menuju ke lapisan positif, sehingga timbul beda potensial alias tegangan. Dari situlah akan timbul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar di bawah ini.

prinsip kerja solar cell

Selain itu anda juga harus tahu bahwa modul surya biasanya terdiri dari 28 sampai dengan 36 sel surya. Sel surya tersebut dirangkai secara seri. Semakin banyak sel surya, maka semakin besar pula output yang berupa energi listrik yang dihasilkan. Berikut adalah contoh rangkaian sel surya.

sel surya

Baca juga : Rangkaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Dalam sebuah sel surya tersebut, terdiri dari 5 material diantaranya adalah Substrat / Metal backing, Material semikonduktor, Kontak metal / contact grid, Lapisan antireflektif, Enkapsulasi / cover glass. Untuk informasi lebih jelas mengenai material-material tersebut bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

material panel surya

Demikian informasi singkat mengenai cara kerja panel solar cell pembangkit listrik tanaga surya. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga solusi atas permasalahan yang sedang anda cari. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara kerja solar cell
  • cara kerja panel surya
  • cara kerja solar panel
  • cara membuat solar cell pembangkit
  • prinsip kerja solar cell
  • prinsip kerja solar sel
  • Cara kerja panel solar
  • prinsip kerja panel surya
  • cara kerja solar sel
  • cara kerja sel surya

Leave a reply "Cara Kerja Solar Cell Panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.