Cara Melarutkan PCB dengan Cepat Pakai Vixal dan Vanish

3805 views

Cara Melarutkan PCB dengan Cepat Pakai Vixal dan Vanish – Pada artikel sebelum-sebelumnya, belajarelektronika.net sudah banyak membahas bagaimana cara membuat sebuah PCB dengan menggunakan software atau aplikasi seperti express PCB ataupun eagle PCB. Nah, setelah gambar jalur pada PCB dibuat, gambar tersebut tentu harus disablon pada permukaan tembaga PCB.

Setelah itu untuk menghapus bagian tembaga yang tidak digunakan, PCB harus dilarutkan atau istilah lainnya adalah etching. Dengan begitu tembaga pada permukaan PCB hanya akan tersisa di bagian jalur-jalurnya saja. Pada umumnya, proses etching PCB atau pelarutan PCB menggunakan bantuan Ferric Chloride (FeCl3).

Larutan Ferric Chloride (FeCl3) tersebut memiliki sifat mampu melarutkan tembaga. Kita bisa membeli larutan tersebut di toko-toko komponen elektronika. Sayangnya penggunaan larutan Ferric Chloride (FeCl3) untuk etching PCB semakin hari dirasa semakin kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pelarutannya.

Melarutkan PCB dengan Vixal dan Vanish

Selain itu harga dari Ferric Chloride (FeCl3) juga relatif lebih mahal. Nah, sebagai alternatifnya, biasanya para teknisi elektronika menggunakan cairan HCL, H202, H20 (Air). Penggunaan cairan tersebut lebih efektif dan lebih cepat dibanding dengan menggunaan larutan Ferric Chloride (FeCl3).

Sayangnya cairan HCL, H202, H20 (Air) agak susah dicari. Namun anda tak perlu kawatir karena alternatif lain yang tak kalah bagus dibanding menggunakan Ferric Chloride (FeCl3) dan juga HCL, H202, H20 (Air), yakni menggunakan cairan pembersih seperti Vixal dan Vanish. Mungkin anda semua sudah tidak asing lagi dengan dua nama tersebut karena sering muncul iklannya di TV.

Baca juga : Layout PCB Amplifier 400, 800, dan 2000 Watt

Ternyata Vixal dan Vanish juga memiliki kandungan HCL dan H202 sebesar 17% dan 50% yang mampu melarutkan tembaga pada PCB dengan mudah. Selain itu proses pelarutannya juga sangat cepat. Dan yang paling penting kita bisa membeli Vixal dan Vanish di toko-toko kelontong atau supermarket di sekitar rumah.

Sebenarnya cara melarutkan PCB menggunakan Vixal dan Vanish ini tidak berbeda dibanding dengan menggunakan Ferric Chloride (FeCl3) dan HCL, H202, H20 (Air). Bagi anda yang penasaran bagaimana cara melarutkan PCB menggunakan Vixal dan Vanish, silahkan simak baik-baik tutorial berikut ini.

  1. Pertama-tama siapkan alat bahannya yang terdiri dari PCB yang hendak disablon, vixal, vanish, baskom, sendok untuk mengaduk, dan juga air
  2. Setelah itu campurkan vixal, vanish, dan juga air ke dalam baskom dengan perbandingan 1:2:4. Jangan lupa aduk dengan menggunakan sendok agar tercampur rata
  3. Setelah itu masukkan PCB yang akan dilarutkan ke dalam cairan tersebut sambil digoyang-goyangkan agar tembaga cepat larut
  4. Jika sudah nampak larut, angkat dan bersihkan dengan kain atau lap sampai kering
  5. Apabila anda menginginkan hasil yang maksimal, bersihkan PCB menggunakan tinner A pasca dikeringkan lalu berikan lapisan minyak gondorukem dan jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 10 menit
  6. Dengan begitu hasil PCB akan lebih mengkilat dan tahan lama seperti halnya PCB dari pabrik

Demikianlah ulasan singkat mengenai tutorial cara melarutkan PCB dengan Vixal dan Vanish cepat dan mudah. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi para teknisi elektronika semuanya. Kabarnya cara melarutkan PCB juga bisa dilakukan dengan menggunakan Autan, namun kami sendiri juga belum mencobanya.

Incoming search terms:

  • cara melarut pcb dengan vanish dan vixal
  • Cara melarutkan pcb
  • cara melarutkan pcb dengan vanish
  • cara mudah cetak layout pcb menggunakan vanis
  • cara membuat jalur pcb dengan vixal
  • cara melarutkan tembaga pcb dengan vixal dan vanish
  • cara melarutkan tembaga pcb
  • cara melarutkan pcb dengan venis
  • cara melarutkan papan pcb menggunakan venis
  • vixal 800 kandungan hcl
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.