Cara Memasang Grounding yang Benar Agar Hemat Listrik

904 views

Cara Memasang Grounding yang Benar Agar Hemat Listrik – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kian hari biaya listrik kian meningkat. Dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah telah beberapa kali menaikkan harga tarif dasar listrik. Hal tersebut tentu membuat sebagian besar masyarakat merasa sangat keberatan. Apalagi jika perekonomian mereka pas-pasan.

Dewasa ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik, mulai dari mematikan peralatan listrik yang sudah tidak diperlukan, sampai dengan menambahkan alat khusus yang berfungsi untuk menghemat listrik. Namun tahukah anda bahwa ada cara lain yang cukup efektif guna menghemat listrik rumah?

Ya, cara yang kami maksud adalah dengan memperbaiki sistem grounding pada instalasi listrik rumah. Beberapa orang khususnya teknisi listrik mungkin sudah tidak asing lagi dengan trik yang satu ini. Namun bagi anda yang belum tahu, tak ada salahnya untuk meyimak secara seksama ulasan yang akan kami bagikan berikut ini.

Cara Memasang Grounding Listrik

Pada dasarnya grounding alias pembumian dilakukan dengan tujuan untuk mencegah bahaya sentuhan tidak langsung atau bahaya sentuhan langsung pada bagian konduktif yang tidak bertegangan, sehingga menjadi bertegangan akibat kegagalan isolasi. Namun perlu anda ketahui juga bahwa sistem grounding yang kurang tepat juga bisa berpengaruh terhadap meningkatnya biaya listrik.

Bagi anda para teknisi listrik tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa sistem grounding yang ada saat ini, mulai dari sistem TT, sistem IT, dan sistem TN. Jenis-jenis sistem grounding tersebut sudah diatur dalam persyaratan umum instalasi listrik 2000 (PUIL 2000) nomor 3.5.3. Buat anda yang masih belum jelas, mungkin akan kami bahas pada artikel yang berbeda.

Baca juga : Cara Menghemat Listrik Pulsa

Lantas bagaimana cara memasng grounding listrik yang baik dan benar agar konsumsi listrik jadi lebih hemat? Sistem grounding yang paling baik digunakan untuk menghemat biaya listrik adalah sistem netral alias TN. Namun kita perlu tahu juga dimana posisi yang tepat sistem grounding tersebut dipasang.

Kita bisa memasang sistem grounding pada bagian sebelum dan sesudah meteran. Namun disarankan untuk memasang grounding sebelum meteran, karena apabila timbul arus gangguan netral dari sistem PLN, arus listri akan langsung dibumikan sehingga tidak akan mengalir ke meteran dan jaringan listrik di rumah.

Hal tersebut tentu akan memberikan dampak positif untuk menghemat konsumsi listrik. Berbeda halnya saat kita memasang grounding setelah meteran listrik. Saat timbul arus gangguan netral sistem PLN, maka arus tersebut akan mengalir ke meteran dan jaringan listrik di rumah yang kemudian akan terbaca sebagai beban listrik.

Tentu hal tersebut bisa menyebaban biaya listrik semakin mahal. Bagi anda yang masih bingung dengan bagaimana skema pemasangan grounding yang benar untuk menghemat listrik di rumah, bisa langsung lihat pada gambar yang ada di bawah ini. Gambar berikut adalah skema pemasangan grounding sebelum meteran listrik.

Oke, demikianlah tadi info singkat mengenai cara memasang grounding listrik di rumah yang benar agar lebih hemat listrik. Jika info tadi dirasa bermanfaat bagi anda semua, jangan ragu atau segan untuk membagikannya ke teman-teman anda via sosial media yang anda miliki. Sampai jumpa dan terimakasih.

Incoming search terms:

  • mengenal trafo dan fungsinya
  • pemasangan kabel agar hemat listrik
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.