Cara Membaca Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong

1581 views

Cara Membaca Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong – Di dalam dunia elektronika, selain avometer atau multimeter, kita juga memerlukan beberapa alat ukur lain seperti halnya mikrometer sekrup dan juga jangka sorong. Dua alat tersebut sangat dibutuhkan dalam beberapa persoalan.

Perlu anda ketahui bahwa mikrometer sekrup adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur benda dengan ketelitian mencapai 0,01 mm. Mikrometer sekrup banyak digunakan untuk mengukur ketebalan, panjang, hingga diameter luar sebuah benda.

Terdapat tiga jenis mikrometer sekrup yang kita kenal sampai saat ini. Yang pertama adalah mikrometer luar yang digunakan untuk mengukur diameter sebuah benda. Yang kedua adalah mikrometer dalam yang digunakan untuk mengukur diameter lubang sebuah benda. Dan yang terakhir adalah mikrometer kedalaman.

Benda-benda yang dapat diukur oleh mikrometer sekrup bermacam-macam mulai dari kawat, balok dan tabung berukuran kecil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang ingin mengukur sebuah benda kecil dengan presisi, bisa langsung menggunakan multimeter sekrup.

Namun sayangnya tak banyak orang yang tahu bagaimana cara menggunakan alat yang satu ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini, belajarelektronika.net akan berbagai sedikit info kepada anda semua mengenai cara menggunakan dan membaca alat mikrometer sekrup dengan benar dan presisi.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Sebelum itu anda harus tahu bahwa sebuah mikrometer memiliki dua skala. Satu berada di badan, dan satunya lagi berada di sekrup yang bisa diputar. Skala di badan merupakan skala utama dengan satuan 1 mm dan juga 0,5 mm. Sedangkan skala yang ada di sekrup menunjukkan nilai desimal hingga 1/1.000 mm.

  1. Pertama-tama pastikan pengunci dalam keadaan terbuka
  2. Setelah itu buka rahang pada mikrometer agar benda yang diukur bisa dimasukkan
  3. Jepit benda yang hendak diukur pada rahang
  4. Putar pengunci agar benda tidak bisa bergerak
  5. Setelah itu baru lihat skala pada mikrometer
  6. Misal skala utama menunjukkan angka 4,5 mm dan skala sekrup putar menunjukkan angka 39, berarti diameter benda yang anda ukur punya nilai 4,89 mm dengan perhitungan (4,5 + 0,39)

Nah itulah tadi pengertian, fungsi, cara menggunakan, dan cara membaca mikrometer sekrup. Lantas bagaimana dengan jangka sorong? Jaka sorong sebenarnya merupakan alat ukur yang juga memiliki fungsi sama seperti mikrometer sekrup. Jangka sorong adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur benda dengan ketelitian per 100 milimeter.

Jangka sorong memiliki fungsi untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, ketebahan, dan juga kedalaman suatu benda. Berikut info lengkap bagaimana cara menggunakan dan membaca skala pada jangka sorong. Sebelum itu anda perlu tahu bahwa ada beberapa metode dalam menggunakan jangka sorong.

Baca juga : Cara Menggunakan Solder Uap yang Benar

Cara Membaca Jangka Sorong

Ada dua jenis jangka sorong yang beredar di pasaran. Yang pertama adalah jangan sorong konvensional, dan yang kedua adalah jangka sorong digital. Untuk membaca nilai atau skala jangka sorong digital lebih mudah karena angka langsung ditunjukkan layar. Berikut step by step cara menggunakan jangka sorong konvensional.

  1. Pertama-tama kendorkan baut, lalu buka rahang pada jangka sorong
  2. Setelah itu letakkan benda di bagian dalam rahang atau luar jika hendak mengukur diameter dalam
  3. Selanjutnya kunci rahang agar benda tidak bergerak
  4. Langkah terakhir adalah mengamati nilai skala yang ditampilkan
  5. Ada dua skala yakni skala utama dan skala nonius
  6. Jika skala nonius menunjukkan angka 5 berarti nilainya 0,05 cm. Dan jika skala utama menunjukkan 4,1 berarti nilainya 4,1 cm. Jadi benda yang ada ukur punya nilai 4,15 cm dengan perhitungan (4,1 + 0,05)

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai cara membaca mikrometer sekrup dan jangka sorong. Semoga informasi tadi dapat menambah wawasan anda seputar dunia elektronika, khususnya dalam hal pengukuran. Silahkan share info ini jika memang dirasa bermanfaat.

Incoming search terms:

  • perbandingan rangkaian seri dengan paralel
  • bagian bagian jakasorong
  • cara mengukur jangka sorong mikrometer multitester
  • persamaan ic atau transistor

Tinggalkan pesan "Cara Membaca Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.