Cara Membuat AC Sederhana Menggunakan Barang Bekas

18579 views

cara membuat ac sederhanaCara Membuat AC Sederhana Menggunakan Barang Bekas - Negara Indonesia termasuk salah satu negara tropis yang terkenal panas. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang merasa gerah setiap hari, kecuali pada saat musim penghujan. Apalagi jika tinggal di kota besar, pastinya panasnya terasa lebih menyengat.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut, AC menjadi salah satu solusi tepat untuk membantu mendinginkan ruangan saat cuaca panas menyengat. Sekedar informasi bahwa AC (Air Conditioner) adalah alat elektronik yang digunakan untuk membantu mendinginkan ruangan. Prinsip kerja dari alat ini mirip seperti kipas angin.

Akan tetapi AC lebih kompleks karena dibantu dengan selang aluminium yang dialiri oleh air. Metode tersebut praktis dapat membuat suhu ruangan menjadi dingin seketika. Namun masalahnya adalah, alat tersebut dijual dengan harga yang tidak murah. Selain itu daya listrik yang dibutuhkan juga terbilang tinggi.

Cara Membuat AC Sederhana

Pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai bagaimana cara membuat AC sederhana menggunakan barang-barang bekas yang sudah tak terpakai. Untuk membuat AC tersebut tentunya tak perlu biaya yang mahal, namun hasilnya mampu mendinginkan ruangan.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat AC mini dan sederhana. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan bekas yang sudah tak terpakai lagi. Jika anda tidak memilikinya bisa beli baik yang baru ataupun yang bekas. Estimasi biaya yang dibutuhkan kira-kira kurang dari 50 ribu rupiah.

  1. Adaptor 12 volt
  2. Kipas bekas komputer 12 volt
  3. Wadah kerupuk plastik, atau bisa juga wadah lainnya
  4. Jack adaptor, bisa juga menggunakan port USB female
  5. Isolasi
  6. Solder dan timah
  7. Es batu

Setelah semua bahan-bahannya siap, anda bisa langsung merangkai bahan tersebut menjadi AC mini sederhana. Berikut ini adalah skema dalam membuat AC sederhana menggunakan barang bekas. Anda bisa memodifnya sesuai kebutuhan, namun prinsipnya harus tetap sama.

rangkaian ac sederhana

Setelah kipas terpasang dalam wadah dan semuanya sudah berfungsi dengan baik, anda bisa memasukkan es batu ke dalam wadah, kemudian nyalakan AC tersebut. Letakkan AC di ruang panas dengan penempatan yang strategis agar suhu dinginnya menyebar dengan sempurna.

ac es batu

Demikian informasi mengenai cara membuat AC sederhana sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan bekas yang sudah tak terpakai. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca web belajarelektronika.net semuanya. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai rangkaian inverter sederhana.

Incoming search terms:

  • cara membuat alat elektronik sederhana dari barang bekas
  • cara membuat alat elektronik sederhana
  • cara membuat barang elektronik dari barang bekas
  • cara membuat alat sederhana dari barang bekas
  • membuat alat sederhana dari barang bekas
  • cara membuat alat elektronik
  • cara membuat ac sederhana dari barang bekas
  • cara membuat ac sederhana
  • cara membuat barang elektronik
  • cara membuat barang elektronik sederhana

Leave a reply "Cara Membuat AC Sederhana Menggunakan Barang Bekas"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.