Cara Membuat Alarm Motor dengan Sensor Sentuh

21593 views

cara membuat alarm motor sensor sentuhCara Membuat Alarm Motor dengan Sensor Sentuh - Pastinya anda semua sudah tahu bahwa sensor sentuh dapat bekerja apabila memperoleh rangsangan berupa sentuhan. Sensor yang satu ini biasa diaplikasikan para rangkaian-rangkaian pengaman dan beberapa jenis rangkaian lainnya.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya prinsip kerja dari sensor sentuh tidaklah rumit. Sensor sentuh memanfaatkan tangan manusia sebagai jembatan penghubung untuk mengaktifkan saklar yang ada pada sebuah rangkaian. Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai pengaplikasian sensor sentuh.

Aplikasi sensor sentuh yang akan kita bahas kali ini terdapat pada rangkaian pengaman motor. Pastinya anda sudah bisa menebak prinsip kerjanya bukan? Ya, jika rangkaian ini diaktifkan dan bagian motor tertentu yang telah kita set sebelumnya tersentuh oleh orang, maka output akan aktif.

Cara Membuat Alarm Motor Sensor Sentuh

Output bisa anda pilih sesuai selera misal membunyikan alarm ataupun menonaktifkan semua saluran elektrik yang ada di sepeda motor. Oke langsung saja berikut adalah skema rangkaian alarm motor dengan sensor sentuh yang sederhana dan mudah untuk diaplkasikan.

skema rangkaian alarm motor sensor sentuh

Nah, itulah skema rangkaian alarm motor yang bisa anda contoh. Anda bisa meletakkan sensor sentuh tersebut di stang motor ataupun di posisi lain yang biasa disentuh oleh maling. Semua komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian tersebut mudah didapat dan tentunya harganya murah.

Baca juga : Rangkaian LED Berkedip Untuk Motor

Patut diperhatikan bahwa tangan atau sentuhan manusia dapat menghubungkan dua titik sentuh sehingga memicu SRC dan mengaktifkan relay. Jika rangkaian tersebut terasa tidak sensitif wajar, karena pada dasarnya resistansi tubuh manusia berbeda-beda satu sama lain, dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelembaban dll.

Usahakan saat menyentuh 2 sensor, posisi kaki jangan langsung ke tanah atau menyentuh ground karena jika titik sentuh satu dialirkan ke ground, maka rangkaian tidak akan aktif. Namun jika orang yang menyentuh menggunakan sandal atau sepatu, maka rangkaian akan hidup.

Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat alarm motor dengan sensor sentuh. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik berikutnya hanya di situs belajar elektronika paling lengkap, yakni belajarelektronika.net.

Incoming search terms:

  • cara membuat alarm motor dengan sensor sentuh
  • cara bikin alarm motor sensor sentuh
  • rangkaian alarm motor sensor sentuh
  • rangkaian sensor sentuh
  • rangkaian pengaman motor sensor sentuh
  • sensor sentuh
  • rangkaian sensor sentuh sederhana
  • rangkaian alarm sentuh
  • cara membuat sensor
  • cara membuat alarm

Leave a reply "Cara Membuat Alarm Motor dengan Sensor Sentuh"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.