Cara Membuat Metal Detektor / Pendeteksi Logam Sederhana

3361 views

Cara Membuat Metal Detektor / Pendeteksi Logam Sederhana – Pastinya anda semua sudah tahu bahwa baru-baru ini negara kita Indonesia darurat dalam bidang keamanan. Banyak teroris bermunculan dan melakukan pengeboman di beberapa tempat besar di tanah air. Hal tersebut tentu menimbulkan kekhawatiran dan keresahan masyarakat Indonesia.

Sebenarnya terorisme sendiri merupakan salah satu pelanggaran HAM berat, dimana pelakunya harus diberi hukuman yang setimpal. Sayangnya kebanyakan teroris yang ada di Indonesia saat ini melakukan bom bunuh diri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir serangan terorisme.

Salah cara yang paling mudah adalah dengan melakukan upaya preventif atau pencegahan. Tentunya belajar dari kejadian beberapa waktu lalu, aparat akan melakukan penjaan yang ketat di setiap perbatasan daerah, stasiun, bandara, dan tempat-tempat lainnya. Sebenarnya kita bisa mengetahui apakah seseorang membawa benda berhaya atau tidak dengan melakukan pemeriksaan.

Cara Membuat Metal Detektor

Tentu anda semua sudah tahu bahwa di setiap bandara pasti memiliki sebuah alat untuk mengecek apakah seseorang membawa alat berbahaya seperti senjata tajam, pistol, senapan, maupun bom. Alat yang digunakan untuk melakukan pengecekan tersebut bernama metal detector alias pendeteksi logam.

Sebenarnya kita sendiri juga bisa membuat alat pendeteksi logam menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana, bahkan barang bekas sekalipun. Sayangnya tak banyak orang yang tahu akan hal tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info menarik mengenai cara membuat metal detektor sendiri.

Ya, kita bisa membuat metal detektor dengan beberapa komponen elektronika sederhana. Fungsinya pun tak berbeda dibandingkan dengan metal detector yang ada di bandara-bandara. Alat tersebut memiliki kemampuan mendeteksi keberadaan benda yang mengandung logam. Oke, langsung saja berikut skema rangkaiannya.

Rangkaian Alat Metal Detektor Pendeteksi Logam Sederhana

Bagaimana, cukup sederhana bukan? Semua komponen yang diperlukan untuk merakit alat pendeteksi logam sederhana tadi mudah untuk didapat, dan harganya juga tidak ada yang terlalu mahal. Jika anda sulit untuk menemukan transistor BC338, anda bisa mengganti dengan persamaannya yakni transistor BC337.

Baca juga : Rangkaian Pendeteksi Hujan Sederhana

Sedangkan untuk trimpotnya wajib menggunakan trimpot multiturn 500 ohm. Untuk panjang pendeknya, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda bingung dengan ukuran tembaga yang digunakan, bisa langsung gunakan tembaga yang berukuran 0,5 mm. Anda bisa membeli kurang lebih 1 ons saja, itu sudah cukup.

Untuk lilitannya ada dua macam, yang satu menggunakan 50t atau 50 lilitan, dan yang satunya menggunakan 70t alias 70 lilitan. Diameter lilitannya kurang lebih sekitar 18 cm. Untuk teknis penggulungannya bebas, bisa dilakukan manual ataupun menggunakan alat bantu. Berikut gambar layout PCB alat pendeteksi logam sederhana.

Setelah semua komponen telah anda rangkai, maka anda wajib melakukan pengetesan. Caranya mudah saja, tinggal arahkan kumparan atau lilitan yang anda buat ke benda yang terbuat dari bahan metal. Jika buzzer atau alarmnya berbunyi, maka alat tersebut sudah bekerja dengan baik.

Nah, demikianlah sedikit sedikit info mengenai rangkaian metal detektor atau alat pendeteksi logam sederhana. Silahkan anda coba, dan jika ada pertanyaan bisa tinggalkan komentara pada kolom yang kami sediakan. Jangan lupa bagikan info ke sesama rekan anda pecinta dunia elektronika. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • cara membuat metal detektor dari barang bekas
  • skema detektor logam
  • cara membuat pendeteksi logam sederhana
  • cara membuat pendeteksi logam
  • cara membuat detektor logam
  • cara membuat alat pendeteksi logam
  • cara membuat alat pendeteksi
  • cara buat metal detektor
  • cara buat metal detector sederhana
  • cara buat metal detector
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.