Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam / Gabus Sederhana

602 views

Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam / Gabus Sederhana – Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat jika kita menjadi seorang teknisi elektronika. Selain bisa memperbaiki berbagai macam peralatan elektronik, kita juga bisa membuat berbagai macam alat yang dapat memudahkan pekerjaan.

Salah satu alat yang bisa dibuat dari bahan komponen elektronika sederhana adalah alat atau mesin untuk memotong gabus alias styrofoam. Ya, kita bisa membuat mesin pemotong styrofoam atau gabus sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana. Bahkan kita bisa membuatnya dari benda-benda bekas yang tak terpakai.

Meskipun kita bisa membeli alat atau mesin pemotong gabus / styrofoam, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri. Selain lebih murah, kita juga bisa menyesuaikan bentuk alat pemotong styrofoam yang kita buat sesuai dengan kebutuhan, mulai dari segi desain sampai dengan ukuran.

Membuat Alat Pemotong Styrofoam / Gabus

Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi info mengenai bagaimana cara membuat mesin pemotong styrofoam atau gabus sendiri menggunakan bahan-bahan yang seederhana. Bagi anda yang belum tahu, alat atau mesin pemotong punya desain yang simpel dan bisa dibuat oleh siapapun.

Sebelum mulai membuat alatnya, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Berikut kami bagikan info mengenai list atau daftar beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat mesin pemotong gabus atau styrofoam sederhana.

  • Papan kayu
  • Trafo 500 mA
  • Kawat nikelin
  • Kabel
  • Saklar
  • Steker atau colokan
  • Saklar jepit

Semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat mesin pemotong gabus tadi bisa anda beli di toko-toko listrik yang ada di sekitar rumah anda. Jika anda memiliki bahan-bahan bekas bisa digunakan. Misal trafo bekas, kabel bekas, papan kayu bekas, dan lain sebagainya. Untuk kawat nikelinnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika anda hendak membuat mesin pemotong styrofoam ukuran besar, maka jumlah kawatnya juga semakin banyak. Namun kita bisa membeli satu meter saja untuk percobaan. Harganya sangat terjangkau yakni antara 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah saja. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda bisa langsung merangkainya seperti skema yang ada di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Alat Pres Plastik Sendiri

Dari skema tersebut bisa kita lihat bahwa mesin pemotong styrofoam yang kita buat kali ini menggunakan sumber tenaga dari listrik ACC 220 volt. Akan tetapi sebenarnya listrik yang dibutuhkan adalah listrik DC. Oleh karena itu diperlukan sebuah trafo 500 mA untuk menurunkan tegangan tersebut.

Jadi jika anda ingin membuat alat pemotong gabus portable, anda tidak perlu menggunakan trafo dari listrik AC. Cukup gunakan tegangan DC dari baterai ataupun accu sebesar 12 volt. Anda bisa memodifikasi rangkaian tadi sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk panjang kawat nikelinnya pun juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kurang lebih bentuknya akan terlihat seperti ini.

Oke, demikianlah informasi singkat mengenai tutorial cara membuat alat pemotong gabus / styrofoam sederhana dari barang bekas yang bisa kita temukan di sekitar rumah. Anda bisa menggunakan tegangan listrik AC 220 volt ataupun tegangan DC 12 volt dari baterai. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jangan lupa share jika info kali ini dirasa bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat styrofoam sederhana
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.