Cara Membuat Alat Pres Plastik Manual Sendiri

2378 views

Cara Membuat Alat Pres Plastik Manual Sendiri – Sangat tepat rasanya apabila ilmu elektronika yang selama ini telah kita pelajari diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misal dengan ilmu elektro yang dimiliki, kita membuat berbagai macam alat untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini sudah ada banyak sekali alat-alat elektronika yang terbukti mambuat membantu manusia dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya dengan lebih mudah. Alat-alat tersebut ada yang berbentuk sederhana, dan ada pula yang bentunya rumit.

Nah, pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk membuat sebuah alat sederhana dari ilmu elektronika maupun kelistrikan dasar yang mungkin akan sangat membantu pekerjaan banyak orang. Alat yang dimaksud tak lain adalah alat pres plastik.

Cara Membuat Alat Pres Plastik

Alat pres plastik memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk merekatkan atau mengepres sebuah plastik sehingga bisa menutup lubang yang ada pada plastik tersebut. Selain itu alat pres plastik atau plastic sealer juga biasa digunakan untuk memotong lembaran plastik dengan lebih mudah.

Memang untuk saat ini kita bisa mendapatkan alat pres plastik siap pakai dengan mudah di toko-toko online maupun offline. Akan tetapi harganya masih terbilang cukup mahal bagi sebagian orang. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mencoba membuat sendiri alat pres plastik atau plastic sealer menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Sebelum mulai membuat alat pres plastik, tentu kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat plastic sealer ini tak terlalu banyak dan mudah didapat. Berikut beberapa bahan yang harus anda siapkan sebelum membuat alat pres plastik sederhana.

  • Pencatu tenaga (disarankan adaptor / power supply 12 volt)
  • Kawat nikelin sepanjang 0,5 meter
  • Saklar normally off 1 buah
  • Papan kayu dengan ukuran sesuai kebutuhan
  • Spon atau busa atau bahan lain yang cukup lunak
  • Kabel ganda sepanjang 1 meter
  • Baut sebanyak 2 buah

Baca juga : Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sendiri

Nah, itulah tadi beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah alat pres plastik sederhana. Perlu anda ketahui bahwa penggunakan pencatu tenaga sebenarnya tidak harus berupa adaptor ataupun power supply. Anda juga bisa menggunakan pencatu tenaga dari accu atau sumber lain.

Namun ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapat jika anda menggunakan adaptor atau power supply 12 volt. Kelebihannya antara lain adalah mudah digunakan, bisa diparalel untuk alat pres lainnya, tidak berbahaya karena menggunakan arus DC, dan tegangan outputnya bisa diatur sesuai kebutuhan, sehingga panas dari alat pres plastik ini bisa disesuaikan.

Jika semua bahan sudah siap, anda bisa merakit semua bahan tersebut menjadi alat pres plastiks sederhana. Jika anda masih bingung, berikut akan kami berikan gambaran mengenai rangkaian alat pres plastik sederhana. Alat pres plastik ini dapat digunakan secara manual, jadi lebih gampang.

Berikut langkah-langkah cara menggunakan alat pres plastik :

  1. Pertama-tama hidupkan alat dengan menekan saklar
  2. Setelah itu tempatkan kantong plastik di antara box tempat tatakan dan gagang penakan
  3. Turunkan gagang penekan sampai menekan penuh kantong plastik
  4. Setelah itu kawat nikelin akan memanas dan menseal plastik
  5. Jika sudah, angkat gagang penekan dan plastik sudah tersegel rapat

Bagaimana, sangat simpel bukan? Semoga informasi singkat mengenai tutorial bagaimana cara membuat alat pres plastik manual sederhana sendiri di rumah ini bermanfaat bagi para pembaca belajarelektronika.net semua di manapun anda berada. Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • cara membuat alat pres plastik
  • cara merangkai power 10 amper yg bagus
  • rangkaian pres plastik
  • cara membuat alat pres plastik sendiri
  • cara membuat alat pres plastik sederhana
  • cara membuat alat pres plastik manual com
  • cara membuat alat pres
  • cara buat presan plastik manual
  • Cara buat pres plastik sendiri
  • cara bikin alat press plastik
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.