Cara Membuat Drone Sederhana dan Murah

24186 views

cara membuat merakit drone quad copter sederhana murahCara Membuat Drone Sederhana dan Murah - Dewasa ini muncul trend baru yakni bermain quadcopter atau yang juga akrab disebut dengan drone. Quadcopter atau drone sendiri merupakan salah satu mesin terbang yang menggunakan empat buah baling-baling. Mesin ini dapat dikontrol menggunakan sebuah remot khusus dengan sistem nirkabel.

Saking populernya, para produsen berlomba-lomba memproduksi drone secara massive. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari 500 ribuan sampai dengan puluhan juta rupiah. Biasanya drone ini digunakan untuk mengambil objek foto dari udara. Seiring perkembangannya, drone digunakan untuk berbagai hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Misal untuk kurir kirim barang, sampai dengan pengawas ujian di luar ruangan. Dan pada kesempatan yang baik ini, Belajar Elektronika akan mengejak anda semua untuk melihat informasi mengenai drone, atau lebih fokusnya mengenai cara membuat drone sederhana dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara Merakit Drone Sederhana

Mungkin istilah membuat drone sendiri akan lebih tepat diganting dengan cara merakit drone. Pasalnya semua komponen yang diperlukan untuk membuat pesawat tanpa awak ini sudah terakit dari sananya. Misal adalah motor penggerak baling-baling. Akan sangat mustahil jika kita membuat motor sendiri.

Sebelum memulai merakit drone sederhana, anda perlu tahu bahwa ada beberapa komponen utama yang harus anda persiapkan sebelum memulai perakitan. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah frame atau rangka, flight control board atau FCB, motor, propeller, baterai + charger, dan juga remote. Berikut penjelasan detailnya.

1. Frame (Rangka)

Frame adalah salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah drone. Karena kita akan membuat sebuah quadcopter, maka diperlukan empat lengan sebagai tempat dari motor dan propeller. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat frame ini sangat bermacam-macam mulai dari kayu sampai aluminium. Jika tidak, anda bisa membeli frame drone siap pakai.

2. Flight Control Board (FCB)

Flight Control Board (FCB) adalah otak dari drone itu sendiri. Dalam sebuah PCB terdapat berbagai macam fitur mulai dari GPS, gyro, accelerometer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa membeli sebuah FCB siap pakai daripada membuatnya sendiri, karena cukup sulit dan perlu banyak komponen. Harga dari FCB sendiri sangat bervariasi tergantung fitur yang dibawanya.

3. Motor + ESC

Motor yang digunakan dalam sebuah drone adalah motor brusless atau outrunner. Jika anda membuat sebuah quadcopter, maka diperlukan 4 buah motor brusless atau outrunner. Ukuran yang digunakan oleh motor jenis ini adalah kilo volt. Semakin besar ukuran motor, maka semakin tinggi rpm nya.

4. Propeller (Baling-baling)

Untuk menerbangkan drone tentunya diperlukan yang namanya baling-baling. Pada sebuah quadcopter terdapat 4 buah baling-baling. 2 baling-baling berputar searah jarum jam, dan 2 baling-baling lainnya berputar berlawanan arah jarum jam. Bentuk dan ukuran propeller harus dibuat sepresisi mungkin agar dapat terbang dengan mulus.

5. Baterai + Charger

Pada umumnya sebuah drone menggunakan baterai jenis Li-Po alias Lithium Polymer. Dalam memilih baterai drone, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, yakni pemilihan jumlah cell, kapasitas, dan jenis konektornya. Satu cell baterai Li-Po biasanya memiliki ukuran 3,7 volt. Semakin banyak sell, maka semakin besar juga ukurannya.

6. Remote

Remote yang digunakan untuk sebuah drone atau quadcopter bukanlah sembarang remote. Remote drone setidaknya memiliki 4 channel yang terdiri dari thorttle, yaw, pitch, dan juga roll. Untuk remote mode advance biasanya dilengkapi dengan beberapa fitur untuk keperluan perekaman sampai dengan flight mode.

Baca juga : Cara Membuat Robot Dari Barang Bekas

Untuk estimasi biaya yang diperlukan dalam membuat sebuah quadcopter sederhana sebenarnya sangat bervariasi. Biaya yang diperlukan dapat disesuaikan dengan spesifikasi drone yang hendak kita buat. Berikut adalah kisaran harga yang dibutuhkan untuk merakit sebuah drone.

  • Frame : 100 ribu - 3 juta
  • FBC : 160 ribu - 2,5 juta
  • Motor : 500 ribu - 1 juta
  • Propeller : 60 ribu - 600 ribu
  • Baterai : 250 ribu - 4,5 juta
  • Charger : 200 ribu - 500 ribu
  • Remote : 160 ribu - 2,5 juta
  • ESC : 500 ribu - 1 juta
  • Lain-lain : 200 ribu - 500 ribu

Demikian informasi singkat mengenai bagaimana cara membuat drone sederhana yang murah dan awet. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat drone
  • cara membuat drone sederhana
  • cara membuat drone dari barang bekas
  • cara membuat drone sendiri
  • Membuat drone sederhana
  • cara buat drone
  • cara membuat dron
  • membuat drone sendiri
  • membuat drone
  • cara buat drone sederhana

Leave a reply "Cara Membuat Drone Sederhana dan Murah"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.