Cara Membuat Flux Pasta Solder Sendiri

2548 views

Cara Membuat Flux Pasta Solder Sendiri – Bagi anda para teknisi elektronika kawakan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya flux bukan? Ya, flux adalah senyawa yang berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder. Senyawa yang satu ini memiliki sifat korosif.

Flux memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses penyolderan. Penggunaan flux ini bertujuan agar solderan bisa tertempel dengan sempurna. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa solderan yang tidak sempurna dapat membuat rangkaian elektronika tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, akibat aliran listrik yang terhambat.

Karena flux ini banyak dicari, wajar jika harganya cukup mahal. Namun anda tak perlu kawatir karena flux ternyata bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan yang cukup sederhana. Cara membuat flux sendiri pun ternyata tak sesulit yang kita duga. Jika anda penasaran, simak ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Cara Membuat Flux Sendiri

Sebelum mulai membuat flux sendiri untuk membantu proses penyolderan, anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Berikut beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat flux sendiri. Semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat flux, bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

Bahan-bahan Untuk Membuat Flux

  • Batu Songka
    Batu songka ini juga kerap disebut dengan nama gondorukem yang merupakan salah satu bahan untuk membuat malam. Batu songka juga banyak digunakan oleh para teknisi elektronika untuk membersihkan ujung solder. Anda bisa membeli batu songka di penjual komponen elektronika dengan harga sekitar 5.000 rupiah per ons.
  • Tiner
    Pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tiner bukan? Untuk membuat flux sendiri diperlukan campuran bahan tiner. Sebaiknya anda menggunakan tiner jenis A terbaik atau yang memiliki kandungan minyak agar hasil flux yang didapat nanti memiliki kualitas baik.

Baca juga : Cara Menyolder yang Baik dan Benar

Alat-alat Untuk Membuat Flux

  • Wadah Kaleng / Alumunium
  • Lilin Sebanyak 3 Buah
  • Korek Api

Nah, itulah tadi beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat flux sendiri. Setelah semua alat dan bahan siap, anda bisa langsung menuju ke proses pembuatannya. Jika anda masih bingung, berikut kami bagikan tutorial step by step bagaimana cara membuat flux pasta solder sendiri.

Step by Step Cara Membuat Flux Sendiri

  1. Pertama-tama silahkan panaskan wadah kaleng atau alumunium menggunakan api lilin. Jangan gunakan api kompor karena bisa terlalu panas dan berbahaya
  2. Setelah wadah kaleng atau alumunium dirasa sudah panas, langkah selanjutnya masukkan beberapa bongkah batu songka, dan tunggu beberapa saat sampai mencair
  3. Jika sudah mencair, tambahkan tiner ke dalam wadah sedikit demi sedikit sembari diaduk menggunakan sendok atau kayu sampai semua bahan tercampur rata
  4. Proses pengadukannya memang memakan waktu cukup lama karena bahan harus diaduk hingga tercampur sempurna. Jika dirasa sudah pas, silahkan angkat dan cairan flux siap digunakan

Bagaimana, cukup mudah bukan? Perlu diperhatikan bahwa anda tidak boleh mencampur batu songka dengan tiner terlebih dahulu sebelum dimasak karena akan menghasilkan flux yang kurang bagus. Semoga informasi mengenai cara membuat flux pasta solder sendiri tadi bermanfaat, dan selamat mencoba.

 

Incoming search terms:

  • cara membuat cairan solder
  • cara membuat flux solder
  • cara membuat pasta solder
  • cara buat sendiri pasta solder
  • cara buat flux com
  • membuat pasta aolder
  • cara buat fluk dari songka
  • cara buat fluk
  • cara bikin flux
  • bikin flux solder
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.