Cara Membuat Gambar Layout PCB Sendiri

3456 views

cara membuat gambar pcb sendiriCara Membuat Gambar Layout PCB Sendiri - Salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang teknisi elektronika adalah skill membuat gambar atau layout PCB sendiri. Ya, skill tersebut sangat membantu dalam membuat sebuah rangkaian elektronika. Pada dasarnya membuat skema layout PCB tidaklah sulit.

Anda hanya memerlukan sebuah software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat gambar skema PCB. Gambar tersebut nantinya akan dicetak dan disablon ke PCB polos agar membentuk jalur-jalur untuk media mengalirkan energi listrik dalam sebuah rangkaian elektronika.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi atau software komputer yang dapat digunakan untuk membuat gambar PCB sendiri. Salah satunya adalah Sprint Layout. Software tersebut memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Selain itu fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Sprint Layout juga sangat lengkap.

Cara Membuat Skema PCB Sendiri

Berikut ini adalah tutorial cara menggunakan aplikasi Sprint Layout untuk membuat gambar skema layout PCB sendiri dengan hasil yang bagus. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan lengkap dari berlajarelektronika.net berikut ini.

  1. Pertama-tama silahkan download aplikasi Sprint Layout
  2. Setelah selesai download, langsung install aplikasi tersebut ke komputer anda
  3. Apabila sudah, langsung jalankan aplikasi Sprint Layout
  4. Setelah masuk pada halaman awal Sprint Layout, anda akan langsung diarahkan ke lembar kerja
  5. Untuk memasukkan komponen ke kembar kerja, cari komponen pada bagikan "Makros" dan drag komponen tersebut ke dalam lembar kerja
  6. Anda dapat memberikan label seperti nama komponen dan nilai komponen pada kolom yang telah tersedia
  7. Lakukan sampai semua komponen yang anda butuhkan masuk ke dalam lembar kerja
  8. Gunakan menu track untuk menghubungkan kaki-kaki komponen satu ke komponen yang lain. Jalur-jalur yang saling terhubung tersebut yang nantinya akan menjadi jalur PCB. Jadi sebaiknya tata jalur dan komponen agar terlihat rapih
  9. Klik kanan untuk memutus track dan klik S1 untuk membuat jumper
  10. Lakukan sampai semua selesai, dan jangan lupa beri blok pada bagian yang kosong agar anda tak perlu lama mencuci PCB
  11. Apabila sudah selesai, langsung save atau print layout tersebut

Bagaimana, sangat mudah bukan? Dengan cara tadi anda bisa membuat gambar skema PCB sendiri di rumah. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia belejarelektronika.net. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai software simulasi elektronika.

Incoming search terms:

  • cara menggunakan sprint layout
  • cara membuat layout pcb
  • gambar pcb
  • cara menggambar layout
  • cara membuat skema layout PCB
  • cara membuat rangkaian elektronik layout
  • cara layout pcb
  • cara membuat skema pcb sendiri
  • cara bikin layout pcb
  • cara menggambar layout pcb

Leave a reply "Cara Membuat Gambar Layout PCB Sendiri"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.