Cara Membuat Kipas Angin Tanpa Listrik Murah Sederhana

11130 views

cara membuat kipas angin tanpa listrik murah sederhanaCara Membuat Kipas Angin Tanpa Listrik Murah Sederhana - Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis. Tak heran jika cuacanya terasa cukup menyengat, utamanya saat musim kemarau. Banyak penduduk yang tinggal di kota-kota besar mengeluh karena setiap hari merasakan yang namanya gerah.

Solusi terbaik dan termudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan AC atau kipas angin. Karena AC harganya lebih mahal dan tidak hemat listrik, banyak orang lebih memilih kipas angin sebagai solusi mengatasi masalah gerah. Seperti yang kita tahu bahwa kipas angin dapat beroperasi apabila ada listrik.

Namun tahukah anda bahwa ada kipas angin yang dapat beroperasi tanpa menggunakan energi listrik? Ya, sebagai pengganti listrik kita bisa memanfaatkan medan magnet untuk memutar baling-baling kipas angin sehingga menghasilkan udara yang cukup sejuk. Mau tahu cara membuatnya? Simak ulasan berikut.

Cara Buat Kipas Angin Tanpa Listrik

Sebelum memulai membuat kipas angin tanpa listrik, anda harus menyiapkan dulu beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya. Berikut adalah beberapa alat dan bahan untuk membuat kipas angin sederhana tanpa listrik. Anda bisa memanfaatkan beberapa barang bekas yang sudah tak terpakai.

  • 1 buah kipas atau fan komputer bekas ukuran sedang
  • 4 buah magnet bekas harddisk berukuran kecil
  • Obeng, gunting, dan pisau

Nah, setelah semua alat dan bahan siap. Selanjutnya kita bisa memulai membuat kipas angin tanpa listrik sederhana yang murah meriah. Berikut beberapa langkah-langkah pembuatan yang bisa anda ikuti. Hati-hati dalam menggunakan pisau dan gunting karena bisa melukai tangan anda.

  1. Pertama-tama siapkan kipas atau fan bekas komputer
  2. Setelah itu lepas bagian bawah motor agar baling-baling bisa dibuka
  3. Ambil baling-baling dari tempatnya
  4. Tempet 4 buah magnet bekas harddisk pada masing-masing sudut kipas
  5. Pasang kembali baling-baling
  6. Kipas akan berputar tanpa listrik

Baca juga : Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan

Cukup mudah bukan? Namun sebelum itu anda juga harus tahu bahwa kipas angin tanpa listrik ini punya beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dapat digunakan tanpa listrik dan harganya sangat murah. Sedangkan kekurangannya adalah putarannya yang kurang maksimal.

Tak seperti kipas angin listrik yang berputar dengan sangat kencang, kipas angin tanpa listrik ini putarannya cukup lemah. Apalagi jika pemasangan magnetnya tidak simetris, kemungkinan akan sulit untuk berputar. Semoga sedikit informasi cara membuat membuat kipas angin tanpa listrik sederhana dan mudah ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat kipas angin tanpa listrik
  • kipas angin tanpa listrik murah
  • Kipas angin tanpa listrik
  • kipas tanpa listrik
  • memanfaatkan kipas angin bekas
  • cara membuat kipas angin sederhana tanpa listrik
  • cara membuat kipas angin tanpa baling-baling
  • membuat kipas angin tanpa listrik
  • cara membuat kipas angin tenaga magnet
  • membuat kipas tanpa listrik

Leave a reply "Cara Membuat Kipas Angin Tanpa Listrik Murah Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.