Cara Membuat Lampu Emergency LED

19321 views

cara membuat lampu emergency ledCara Membuat Lampu Emergency LED - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa lampu emergency atau emergency lamp merupakan sebuah alat penerangan yang dapat digunakan saat situasi mendesak. Misal pada saat ada pemadaman listrik, dan membutuhkan cahaya lampu yang cukup.

Nah, walaupun saat ini banyak sekali penujual barang-barang elektronik yang menyediakan emergency lamp siap pakai, anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan komponen-komponen elektronika sederhana. Tentunya jika anda membuat sendiri lamu emergency, biayanya lebih murah dibandingkan saat anda membeli.

Pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara membuat lampu emergency sendiri di rumah dengan menggunakan LED. Caranya sangat mudah, penasaran? Langsung saja simak baik-baik ulasan lengkapnya di bawah ini.

Rangkaian Lampu Emergency LED

rangkaian lampu emergency LED

Nah, itulah tadi gambar skema rangkaian lampu emergency menggunakan LED. Semua daftar komponen yang diperlukan sudah tertulis dalam skema rangkaian tersebut. Dan anda bisa dengan mudah membeli semua komponen yang diperlukan di toko-toko komponen elektronika yang ada di sekitar rumah anda.

Sekedar informasi bahwa LED yang digunakan adalah LED jenis high power, konsumsi dayanya lebih kecil dibanding dengan lampu pijar, sehingga daya tahannya lebih lama, mengingat lampu emergency sangat dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu yang sifatnya sangat mendesak.

Rangkaian emergency lamp yang satu ini terdiri dari 3 bagian, yakni charger baterai, pendeteksi jala jala, serta rangkaian LED. Rangkaian charger menggunakan IC regulator LM 317. Besarnya tegangan yang dikeluarkan oleh charger dapat diatur menggunakan VR. Saat rangkaian dicharger dan sudah terisi penuh, maka komponen transistor yang ada dalam rangkaian tersebut berfungsi sebagai saklar.

Pada pendeteksi jala-jala, saat sumber listrik dari PLN mati, arus yang besar akan mengalir menuju rangkaian LED. Rangkaian LED diseri dengan resistor agar mendapatkan arus optimal sekitar 20mA/KED. Pemasangan LED secara paralel akan membuat baterai cepat habis.

Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat emergency lamp dengan LED. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa di ulasan menarik yang akan datang.

Incoming search terms:

  • Cara membuat lampu led
  • cara membuat lampu emergency dari baterai hp
  • cara membuat lampu emergency led sederhana
  • cara membuat lampu disko sendiri
  • cara membuat lampu emergency
  • cara merangkai lampu led dengan baterai hp
  • membuat lampu led berkedip
  • cara membuat lampu emergency led sendiri
  • cara membuat lampu emergency sederhana
  • cara membuat lampu sederhana menggunakan baterai

Leave a reply "Cara Membuat Lampu Emergency LED"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.