Cara Membuat Mobil Remote Control Sederhana

39578 views

cara membuat mobil remote control sederhanaCara Membuat Mobil Remote Control Sederhana - Salah satu jenis mainan yang tak hanya disukai oleh anak-anak, namun juga orang dewasa adalah mobil remote control alias RC. Bahkan para pehobi mainan mobil remote control rela menghabiskan uang sampai berpuluh-puluh juta demi merakit sebuah mobil RC.

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara membuat sebuah mobil remote control sederhana dengan rangkaian elektronika yang simpel, utamanya bagi para pemula yang sedang belajar mendalami dunia elektronika.

Cara Membuat Mobil Remote Control Sederhana

Perlu diketahui bahwa rangkaian mobil remot control sederhana ini terdiri dari dua bagian, yakni rangkaian pemancar atau transmitter, dan rangkaian peneria atau reciever. Dua rangkaian tersebut tersusun atas beberapa komponen elektronika yang hampir serupa. Bagi anda yang ingin tahu skema rangkaian mobil RC, bisa simak ulasan berikut ini.

Rangkaian Pemancar Mobil Remote Control

rangkaian pemancar mobil rc

Dalam rangkaian pemancar mobil RC ini, sinyal radio dibangkitkan oleh sebuah rangkaian osilator berupa transistor Q1 9016. Frekuensi kerja dari rangkaian osilator ini berdasarkan kristal Y1 yang memiliki nilai 27,145 MHz. Sedangkan gerbang NOR U2D 14001 berfungsi sebagai pengendali osilator.

Rangkaian Penerima Mobil Remote Control

rangkaian penerima mobil rc

Rangkaian tersebut merupakan rangkaian penerima sinyal dari pemancar. Posisi dari rangkaian ini tentunya berada di body mobil RC. Rangkaian ini terbung dengan motor sebagai penggerak dari RC. Sinyal dari pemancar akan diproses untuk menggerakkan putaran motor. Agar hasilnya maksimal, maka rangkaian ini harus dibuat dengan presisi.

Baca juga : Rangkaian Efek Gitar Distorsi

Semua komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian mobil remote control sederhana ini dapat anda beli di toko-toko komponen elektronika yang ada di sekitar anda. Estimasi biaya yang diperlukan untuk membuat rangkaian ini kira-kira kurang dari 100 ribu rupiah, tergantung tempat di mana anda membelinya.

Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat mobil remot control sederhana. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel yang tentunya tak kalah menarik. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila dianggap bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat mobil remot
  • cara membuat mobil remote control dari barang bekas
  • cara membuat mobil remote control
  • cara membuat mobil remote control sederhana sendiri
  • cara membuat mobil remote control dari bahan sederhana
  • Cara membuat mobil remot kontrol
  • cara membuat mobil rc
  • cara membuat mobil remot sederhana
  • cara membuat remote control
  • cara membuat mobil remot kontrol sendiri

Leave a reply "Cara Membuat Mobil Remote Control Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.