Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana

9951 views

cara membuat pembangkit listrik tenaga air sederhanaCara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana - Sebagian besar dari anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pembangkit listrik tenaga air atau yang disingkat dengan PLTA bukan? Pembangkit listrik jenis ini adalah salah satu yang paling besar di Indonesia.

Lebih dari 50 persen pasokan listrik yang ada di negeri kita diperoleh dari PLTA. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pembangkit listrik tenaga air ini sangat erat kaitannya dengan yang namanya bendungan. Di beberapa daerah yang ada di Indonesia terdapat bendungan yang digunakan untuk penggerak turbin di PLTA.

Pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai pembangkit listrik tenaga air sederhana. Pada kesempatan sebelumya Belajar Elektronika juga sudah sempat membahas bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga air. Dan kini akan dilanjutkan dengan info cara membuatnya.

Cara Buat Pembangkit Listrik Tenaga Air

Untuk membuat sebuah pembangkit listrik tenaga air sederhana, anda memerlukan beberapa alat dan bahan. Sebelum itu anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa blok atau bagian penting yang harus ada pada semua pembangkit listrik tenaga air. Blok tersebut adalah sebagai berikut.

bagian pembangkit listrik tenaga air

1. Turbin atau Kincir Air

Turbin atau Kincir Air adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah pembangkit listrik tenaga air. Turbin memiliki fungsi utama untuk menggerakkan generator. Turbin bertugas menangkap derasnya arus air di bilah-bilah turbin yang dirancang sedemekian rupa sehingga dapat memutar turbin dengan efektif. Semakin kuat arus air, maka semakin kencang pula putarannya.

2. Generator

Generator adalah poros dari turbin dengan perantara gearbox akan memutar poros rotor sehingga timbul gesekan stator yang dapat menimbulkan medan elektromagnetik dan menghasilkan listrik. Untuk membuat pembangkit listrik tenaga air sederhana dengan skala kecil, bisa digunakan motor pompa air.

3. Controller

Controller memiliki fungsi untuk mengatur catu daya atau power supply agar tegangan yang dihasilkan tetap stabil untuk di konversi dari DC menuju ke listrik AC 220 Volt. Selain itu sebagai back up cadangan controller juga dapat digunakan untuk mengisi ulang aki 12 Volt 7-15 Ampere.

4. Accu Seal Lead Acid

Accu Seal Lead Acid adalah salah satu bagian dari pembangkit listrik tenaga air yang memiliki fungsi sebagai back up power bank apabila supply generator terputus atau kekurangan tegangan. Selain itu juga terdapat bagian Inverter DC to AC yang memiliki fungsi mengubah hasil generator dari baterai (SLA) 12 Volt DC menjadi listrik 220Volt AC.

Berikut adalah contoh bentuk turbin / kincir air PLTA:

turbin kincir air

Baca juga : Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Selain itu pertahatikan juga rumus berikut sebelum membuat PLTA:

rumus pembangkit listrik tenaga air

Demikian informasi singkat mengenai cara membuat pembangkit listrik tenaga air sederhana. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat plta sederhana
  • cara membuat pembangkit listrik tenaga air
  • cara membuat listrik tenaga air mini
  • cara membuat listrik sederhana dari air
  • cara membuat listrik tenaga air
  • cara membuat pembangkit listrik tenaga air rumahan
  • cara membuat pembangkit listrik tenaga air mini
  • pembangkit listrik tenaga air mini
  • cara membuat PLTA
  • kincir air sederhana pembangkit listrik

Leave a reply "Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.