Cara Membuat Radio Streaming Online Sendiri

5073 views

cara membuat radio streaming onlineCara Membuat Radio Streaming Online Sendiri - Di era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju ini, banyak orang memanfaatkan media internet untuk melakukan berbagai macam hal, diantarnya adalah untuk berkomunikasi jarak jauh, bermain game online, bisnis, sampai dengan membuat saluran radio online.

Ya, mungkin sebelumnya kita hanya bisa mendengarkan radio melalui perangkat radio biasa ataupun dengan bantuan handphone. Itupun masih dibantu oleh jaringan radio konvensional. Namun lain halnya dengan saat ini, anda sudah bisa mendengarkan radio kesayangan anda melalui bantuan jaringan internet.

Kelebihan dari radio internet atau radio online ini diantaranya adalah kita bisa mendengarkannya walaupun ta berada di sekitar area jangkauan sinyal radio tersebut. Misal kita saat ini berada di Jepang, namun di sana kita masih bisa mendengarkan radio yang ada di kampung halaman seperti Surabaya, Malang, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Radio Streaming Online

Akan tetapi hal tersebut bukan tanpa syarat. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi, diantaranya adalah saluran radio yang hendak kita dengar harus sudah mengudara atau sudah online atau sudah memiliki layanan streaming. Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sediit info bagaimana cara membuat radio streaming online sederhana yang gratis.

Perlu diketahui bahwa untuk membuat radio online tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Bahkan caranya terbilang sangat simpel dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara membuat radio online yang paling mudah, dan tentunya gratis. Penasaran? Simak ulasan lengkap dari Belajar Elektronika berikut ini.

Baca juga : Rangkaian Radio FM Mini

  1. Pertama-tama silahkan download aplikasi Winamp. Anda bisa mendownloadnya melalui link: http://www.winamp.com/
  2. Setelah itu download juga aplikasi Shoutcast DSP plugin. Anda bisa mendownloadnya di link: http://download.nullsoft.com/shoutcast/tools/shoutcast-dsp-2-3-2-windows.exe
  3. Apabila sudah, langsung install kedua aplikasi tersebut di komputer anda
  4. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan lagu dan juga materia siaran dalam bentuk MP3
  5. Buka website http://myradiostream.com/
  6. Setelah itu klik "Start your own radio station" yang ada di bagian atas tampilan layar
  7. Konvirmasi pendaftaran melalui email
  8. Untuk panduan setting Winamp bisa anda baca di link: http://myradiostream.com/winampInstructions.html
  9. Jika anda ingin berbincang-bincang atau siaran secara langsung, maka pastikan anda sudah memiliki perangkat pendukung seperti CD Player atau Mixer
  10. Setelah itu pilih Soundcard Input
  11. Radio online anda sudah berhasil dibuat dan dinikmati oleh telinga seluruh pendengar

Mudah bukan? Demikian sedikit informasi mengenai bagaimana cara membuat radio streaming online sendiri secara gratis dan mudah. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • cara membuat radio
  • cara membuat radio streaming
  • membuat radio online
  • cara membuat radio streaming sendiri
  • cara buat radio
  • membuat radio online sendiri
  • cara membuat radio online
  • buat streaming radio gratis
  • cara membuat radio online gratis
  • membuat radio internet

Leave a reply "Cara Membuat Radio Streaming Online Sendiri"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.