Cara Membuat Robot Dari Mouse yang Bisa Bergerak

1751 views

Cara Membuat Robot Dari Mouse yang Bisa Bergerak – Bicara soal elektronika tentu akan sangat dekat dengan dunia robotik. Pasalnya sebuah robot tersusun dari berbagai macam komponen elektronika mulai dari sensor, penggerak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu rasanya sangat tepat apabila saat ini kita bahas hal yang berkaitan dengan robot.

Di kesempatan sebelumnya, belajarelektronika.net sudah pernah membahas materi yang berkaitan dengan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis robot. Nah, kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat robot sederhana dari mouse bekas yang sudah rusak dan tidak terpakai. Daripada dibuang, mending bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Cara Membuat Robot Dari Mouse

Robot mouse yang akan kita buat ini termasuk jenis mobile robot karena dapat bergerak dari satu titik ke titik yang lain. Robot mouse ini terbilang sangat sederhana karena menggunakan komponen elektronika sederhana. Tak perlu bahan yang ribet seperti microcontroller ataupun arduino.

Selain itu robot ini cukup unik karena selain menggunakan bahan mouse bekas, cara kerjanya juga mirip tikus yang menyusuri bagian tepi bawah tembok. Sensor yang digunakan untuk membuat robot sederhana ini tidaklah mahal karena hanya menggunakan sebuah antena yang digabungkan dengan limit switch.

Estimasi biaya yang diperlukan untuk membuat robot mouse ini tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Apalagi jika anda menggunakan bahan-bahan bekas, biayanya dapat ditekan menjadi lebih minim kurang dari 50 ribu rupiah. Berikut beberapa daftar komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah robot mouse sederhana yang otomatis.

  • Mouse komputer bekas ukuran sedang / besar
  • Dua buah motor DC
  • Buah buah roda lengkap dengan as rodanya
  • Baterai 9 volt
  • Sebuah limit switch
  • Antena bekas
  • LED untuk hiasan
  • Lem tembak
  • Kabel secukupnya

Baca juga : Cara Membuat Robot Dari Barang Bekas

Jangan lupa siapkan gunting, cutter, solder, lengkap dengan timahnya karena kita juga akan memerlukan alat-alat tersebut untuk proses perakitan. Oke, tak perlu lama-lama langsung saja berikut skema rangkaian robot mouse sederhana lengkap dengan tutorial step by step cara merakitnya.

  1. Pertama-tama silahkan buka tutup mouse bekas yang sudah tidak terpakai tadi
  2. Lepas semua komponen yang ada di dalamnya
  3. Jika sudah bersih permukaan bawahnya, silahkan tempel dua motor DC menggunakan lem
  4. Pasang roda pada as motor DC tadi
  5. Pasang tempat baterai di bagian belakang motor dengan menggunakan lem
  6. Jangan lupa pasang antena pada limit switch
  7. Jika sudah, rangkaian dengan kabel seperti skema di atas
  8. Apabila sudah selesai, langsung lakukan ujicoba

Bagaimana, sangat mudah bukan? Dalam rangkaian tersebut yang berfungsi sebagai sensor pengatur gerakan roda adalah antena dan juga limit switch. Saat antena menabrak dinding otomatis limit switch akan tertekan dan memberikan stimulus pada motor yang menggerakkan ban. Jika anda penasaran dengan prinsip kerjanya kurang lebih seperti berikut ini.

Semoga sedikit informasi mengenai cara membuat robot dari mouse yang bisa bergerak tadi bermanfaat bagi para pembaca di manapun anda berada. Oh iya, sebelum mengakhirinya berikut kami berikan bonus beberapa gambar robot mainan yang bisa anda buat dari mouse bekas yang sudah tidak terpakai.

Jika info mengenai cara membuat robot dari mouse tadi menurut anda bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang, jangan ragu untuk membagikannya kepada orang lain dengan memanfaatkan akun sosial media yang anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain-lain.

Incoming search terms:

  • cara membuat robot dari mouse
  • cara membuat robot dari mouse yang bisa bergerak
  • membuat robot dari mouse
  • cara membiat robot
  • Cara membuat robot dari mos
  • jumlah biaya pembuatan robot mouse
  • Membuat robot mouse
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.