Cara Membuat Sepeda Listrik Sederhana Dari Barang Bekas

21973 views

cara membuat sepeda listrik dari barang bekasCara Membuat Sepeda Listrik Sederhana Dari Barang Bekas - Pastinya anda semua sudah tak asing lagi dengan yang namanya sepeda listrik. Seperti namanya, sepeda listrik adalah sepeda yang dibekali dengan baterai bertenaga listrik sehingga dapat digunakan berjalan tanpa harus dikayuh.

Pada umumnya, sepeda listrik menggunakan energi berupa baterai yang dapat diisi ulang saat habis. Kapasitas baterai yang digunakan bervariasi, ada yang tahan sampai sehari, ada juga yang tahan hanya beberapa jam saja. Dan saat baterai tersebut habis, sepeda dapat difungsikan secara manual kembali.

Kali ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua melihat informasi menarik mengenai bagaimana cara membuat sepeda listrik sederhana menggunakan barang-barang bekas. Nah, bagi anda yang penasaran dengan informasi lengkapnya, bisa langsung simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Cara Membuat Sepeda Listrik

Sebelum mulai membuat, anda perlu tahu bahwa ada bagian-bagian penting yang harus ada pada sebuah sepeda listrik. Bagian-bagian tersebut lah yang membuat sepeda listrik dapat berjalan tanpa harus dikayuh. Berikut adalah bagian-bagian terpenting dari sepeda listrik yang harus anda ketahui.

1. Motor Listrik

Pastinya anda juga sudah tahu bahwa motor listrik adalah salah satu bagian terpenting dari sepeda listrik. Karena motor inilah yang dapat menggerakkan roda sepeda sehingga dapat berjalan secara otomatis tanpa dikayuh. Biasanya sepeda listrik menggunakan motor jenis Brushless DC Motor atau BLDC dengan daya 200 watt sampai dengan 1.200 watt.

Harga motor jenis ini mulai dari 800 ribuan. Pemasangannya biasanya ditekkan di roda belakang, depan, ataupun depan belakang sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar daya yang dimiliki motor BLDC, semakin besar pula daya dorongnya. Motor jenis ini juga sangat awet dan tidak mudah rusak.

2. Baterai

Karena energi yang digunakan pada sepeda listrik adalah energi listrik, maka diperlukan sebuah baterai. Baterai yang digunakan pada sepeda jenis ini biasanya memiliki sifat dapat diisi ulang saat habis. Kapasitas baterai yang digunakan sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Jenis baterai yang digunakan sangat bervariasi mulai dari LiFePO4 sampai dengan Li-ion.

3. Kendali

Pada sepeda listrik diperlukan sebuah kendali yang dapat digunakan untuk mengontrol laju sepeda listrik. Fungsi utama dari bagian kendali ini mirip seperti gas pada sepeda motor. Hanya saja pada sepeda listrik ini bisa dibuat seperti gas atau bisa juga dibuat dalam bentuk tombol.

Baca juga : Cara Buat Robot Dari Barang Bekas

Nah, setelah tahu bagian-bagian yang penting dalam sepeda listrik. Selanjutnya anda harus tahu juga bagaimana proses pembuatan sepeda listrik menggunakan barang-barang bekas. Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah sepeda bekas, braket mesin boar lengkap beserta gearnya, dan juga mesin bor DC. Untuk pemasangannya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

cara buat sepeda listrik

Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat sepeda listrik dari barang bekas. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semuanya, khususnya para pembaca belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan sampai lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat sepeda listrik dari barang bekas
  • cara membuat sepeda listrik
  • membuat sepeda listrik
  • cara membuat sepeda listrik sederhana
  • merakit sepeda listrik
  • cara membuat sepeda listrik dengan mesin bor
  • cara membuat dinamo sepeda listrik
  • membuat sepeda listrik sendiri
  • cara merakit sepeda listrik
  • cara membuat dinamo sepeda dari barang bekas

Leave a reply "Cara Membuat Sepeda Listrik Sederhana Dari Barang Bekas"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.