Cara Membuat Thermostat Kapsul / Digital Penetas Telur

519 views

Cara Membuat Thermostat Kapsul / Digital Penetas Telur – Manfaat perkembangan teknologi semakin hari semakin bisa kita rasakan. Tak hanya di sektor pendidikan dan ilmu pengetahuan saja, namun juga di berbagai bidang lain mulai dari kesehatan, pertanian, peternakan, industri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di sektor peternakan, teknologi bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil. Misalnya kita memiliki peternakan ayam. Dengan teknologi yang ada kita bisa memaksimalkan telur yang dihasilkan. Tak perlu teknologi yang super canggih dan rumit. Yang sederhana saja sudah bisa kita manfaatkan dan rasakan hasilnya.

Salah satunya adalah alat elektronik yang digunakan untuk membantu proses penetasan telur. Ya, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan membahas bagaimana cara membuat thermostat penetas telur. Alat tersebut sangat bermanfaat bagi para peternak ayam yang ingin mendapatkan hasil maksimal utamanya dalam menetaskan telur.

Cara Membuat Thermostat

Buat anda yang belum tahu apa itu thermostat, silahkan simak info berikut. Jadi sebenarnya istilah thermostat berasal dari dua suku kata yakni thermo yang artinya panas, dan satos yang artinya tetap atau sama. Jadi bisa disimpulkan bahwa thermostat adalah alat yang digunakan untuk menjaga suhu panas dalam kondisi tetap.

Pada praktiknya, prinsip kerja thermostat terbilang cukup sederhana. Thermostat akan menyambungkan atau memutuskan arus listrik ketika terjadi perubahan suhu di sekitar ruangan sesuai dengan pengaturan yang telah ditentukan. Saat suhu dingin, thermostat akan menyalakan pemanasnya agar suhu tetap terjaga.

Sebaliknya jika suhu terlalu tinggi, thermostat akan memutus pemanasnya agar kondisi panas terjaga di angka tertentu. Alat ini kerap digunakan di berbagai macam peralatan listrik mulai dari oven, kulkas, AC, setrika, dan beberapa peralatan lain yang membutuhkan kestabilan suhu. Alat yang satu ini juga banyak digunakan oleh peternak ayam untuk menetaskan telur.

Nah, buat anda yang penasaran bagaimana cara membuat thermostat sendiri dengan komponen elektronika sederhana dan mudah dicari, langsung saja simak baik-baik ulasan yang hendak kami bagikan berikut ini. Langsung saja berikut info lengkap mengenai skema rangkaian thermostat sederhana.

Skema Rangkaian Thermostat

Dari skema tersebut bisa kita lihat bahwa thermostat yang hendak dibuat membutuhkan beberapa komponen elektronika mulai dari IC LM56, transistor 2N3906, transistor 2N3904, dioda, dan beberapa resistor. Untuk daftar komponen secara lengkap bisa langsung anda lihat pada gambar skema rangkaian di atas.

Baca juga : Cara Membuat Alat Penetas Telur Otomatis

Cara Buat Thermostat Kapsul

  1. Pertama-tama siapkan empat lempengan kuningan atau tembaga dengan ketebalan sekitar 0,5-0,8 mm dan diameter 6-6,5 cm berbentuk bulat
  2. Siapkan cetakan kayu lalu letakkan lempengan yang telah disiapkan di antara dua cetakan kayu hingga membentuk alur konsentris
  3. Selanjutnya gabungkan dua bulatan pelat tembaga atau kuningan agar terbentuk kapsul menggunakan solder
  4. Buat lubang untuk memasukkan eter ke dalam kapsul sebesar jarum suntik. Jangan lupa solder agar cairan tidak keluar
  5. Sebelum digunakan, jangan lupa solder bagian atasnya terlebih dahulu dengan mur sebagai pengait bur penyangga

Cara Buat Thermostat Digital

  1. Siapkan box lemari, kabel sekitar 7 m untuk tunggal dan 4 m untuk ganda
  2. Siapkan juga steker, fitting lampu, solder, timah, terminal strip, saklar on-off, dan lampu indikator
  3. Jangan lupa gunakan bimeral thermostat
  4. Rangkaian semua komponen tadi jadi satu. Prinsipnya sama seperti thermostat kapsul, hanya saja ini berbentuk kotak karena menggunakan box lemari
  5. Setelah terangkai anda bisa langsung menggunakannya. Jangan lupa atur suhu sesuai kebutuhan

Oke, demikianlah informasi singkat mengenai cara membuat thermostat kapsul / digital penetas telur sederhana. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat terutama untuk pembaca yang memiliki usaha peternakan ayam dan ingin memaksimalkan hasil tetasan telurnya. Share jikalau info mengenai thermostat ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara buat termostat kapsull sendiri
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.