Cara Membuat Trafo Step Up Sederhana Sendiri

14746 views

cara membuat trafo step upCara Membuat Trafo Step Up Sederhana Sendiri - Trafo atau transformator adalah salah satu komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah taraf suatu tegangan ke taraf yang lain. Misal menurunkan tegangan AC dari 220 volt menjadi 12 volt, atau sebaliknya menaikkan tegangan dari 110 volt ke 220 volt.

Prinsip kerja dari komponen bernama trafo ini adalah menggunakan sistem induksi elektromagnetik. Trafo ini memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia elektronika dan kelistrikan. Trafo digunakan oleh PLN untuk mendistribusikan listrik menuju ke rumah-rumah warga. Tanpa adanya trafo, tentunya masyarakat akan kesulitan mendapatkan suplay listrik.

Saat mempelajari tentang trafo, kita mengenal dua jenis trafo, takni trafo step up dan juga trafo step down. Trafo step up adalah jenis trafo yang memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan. Sebaliknya, trafo step down adalah jenis trafo yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan.

Cara Membuat Trafo Step Up

Walaupun secara sekilas bentuknya sama, namun dua jenis trafo tersebut jelas berbeda. Trafo step up memiliki jumlah lilitan sekunder lebih banyak dibanding dengan lilitan primer. Sedangkan trafo step down memiliki jumlah lilitan sekunder yang lebih sedikit dibanding lilitan primer. Penggunaannya pun pasti berbeda-beda.

Jika trafo step up banyak digunakan pada PLTA untuk transmisi listrik jarak jauh. Sedangkan trafo step down bisa anda temukan pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti adaptor atau power supply. Pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat informasi terbaru mengenai cara membuat trafo step up sendiri.

Namun sebelum mulai membuat, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan atau komponen-komponen yang dibutuhkan. Komponen yang diperlukan untuk membuat trafo jenis ini cukup sederhana dan mudah untuk didapat. Berikut adalah daftar komponen untuk membuat trafo step up.

  • Kern (inti besi)
  • Kawat tembaga (kawat email)
  • Koker (tempat untuk melilit kawat)

Setelah semua komponen siap, langkah berikutnya adalah menentukan besar atau daya trafo yang hendak dibuat. Dengan begitu kita bisa menentukan ukuran inti trafo yang dibutuhkan. Jangan lupa tentukan juga tegangan masuk dan tegangan keluar agar kita dapat mengetahui diameter lilitan tembaga yang hendak dibuat.

Baca juga : Mengenal Trafo Step Up dan Step Down

Contoh: Trafo 250 VA dengan Input 220 volt dan output 24 volt (berlaku untuk trafo step up)

cara buat trafo

Demikian informasi singkat mengenai cara membuat trafo step up sederhana sendiri. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca semua, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel yang tak kalah menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • cara membuat trafo step up sederhana
  • cara membuat trafo step up
  • cara menggulung trafo step up
  • membuat trafo step up sendiri
  • trafo step up
  • cara membuat trafo
  • cara membuat trafo sederhana
  • membuat trafo step up
  • cara membuat trafo step down
  • membuat trafo step up sederhana

Leave a reply "Cara Membuat Trafo Step Up Sederhana Sendiri"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.