Cara Membuat Vapor Sederhana Dari Barang Bekas

357 views

Cara Membuat Vapor Sederhana Dari Barang Bekas – Sebagian besar anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya vapor atau vape bukan? Ya, vapor atau vape merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi rokok. Tak heran banyak orang yang menyebutnya sebagai rokok elektrik.

Vape atau vapor sendiri memang tengah naik daun akhir-akhir ini dan digunakan oleh banyak sekali masyarakat tanah air untuk menggantikan fungsi rokok. Konon katanya vapor memilliki beberapa kelebihan dibanding dengan rokok biasa. Menurut beberapa orang, merokok menggunakan vapor jauh lebih sehat dan lebih murah.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut, menurut pengalaman kami harga vapor di pasaran masih terbilang cukup mahal, mulai dari 100 ribuan sampai dengan jutaan rupiah. Karena hal tersebut tak semua orang bisa membeli dan menggunakan rokok elektrik yang satu ini.

Cara Membuat Vapor Sederhana

Memang sedikit aneh jika belajarelektronika.net mengulas hal yang berkaitan dengan vapor karena memang isi atau konten yang ada di blog ini selalu membahas tentang elektronika dan kelistrikan. Akan tetapi belajarelektronika.net kali ini akan membahas sisi lain dari vapor atau vape yang sudah kita bicarakan sejak tadi.

Seperti yang kita tahu bahwa di dalam vapor atau vape terdapat skema rangkaian elektronika sederhana. Vape atau vapor bisa mengeluarkan asap berkat adanya panas yang dihasilkan oleh korsleting listrik kecil. Sebenarnya kita bisa membuat vapor sederhana sendiri menggunakan bahan barang-barang bekas.

Selain lebih murah, kita bisa menyesuaikan bentuk dan desainnya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat vapor sendiri antara lain adalah pitingan lampu, triplek, kabel, dan lain sebagainya. Jika anda penasaran, berikut daftar komponen atau bahan yang dibutuhkan untuk membuat vapor sendiri.

Daftar Komponen yang Dibutuhkan :

  • Triplek tipis yang dibentuk sesuai skema
  • Fitting Lampu atau pitingan lampu kecil
  • Saklar on/off ukuran kecil
  • Lem G atau Alteco
  • Kapassecukupnya
  • Coil yang bisa dibuat dari kawat ukuran kecil
  • Baterai AAA 1 buah
  • Tembaga bekas yang ada di tatakan baterai
  • Suntik dan selang kecil untuk menyedot
  • Kabel kecil secukupnya

Baca juga : Cara Membuat Wireless Charger Sederhana

Nah, itulah tadi beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat vapor sendiri. Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan antara lain solder, timah, gunting, cutter, dan juga penggaris. Jika anda masih bingsung step by step baca membuatnya, bisa langsung lihat video yang ada di bawah ini.

Setelah rangkaian jadi, anda bisa langsung meneteskan liquid pada kapas. Untuk menimbulkan asap, silahkan tekan tombol saklar yang sudah disediakan tadi. Saat saklar ditekan, coil akan memanas dan membakar kapas yang sudah ditetesi liquid sehingga menimbulkan asap yang bisa langsung disedot. Bagaimana, praktis bukan?

Semoga informasi singkat mengenai bagaimana cara membuat vapor sederhana sendiri dari barang bekas seperti triplek dan fitting lampu tadi bermanfaat bagi pembaca semua. Hati-hati pada saat ini membuat rangkaian karena jika salah, akan terjadi hal fatal yang kemungkinan bisa membahayakan pengguna. Oke, terimakasih dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • Cara membuat vape
  • cara membuat vape sendiri
  • gambar step by step membuat fapor
  • skema rangkaian vape
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.