Cara Memperbaiki Charger HP yang Rusak

9381 views

cara memperbaiki charger hpCara Memperbaiki Charger HP yang Rusak - Chargar adalah salah satu alat yang sangat penting utamanya bagi para pengguna handphone. Karena tanpa charger tentunya para pengguna HP baik Samsung, Nokia, atau Sony pasti akan kebingungan saat mengisi daya baterai HP yang mereka miliki. Perlu diketahui bahwa jenis charger HP sangatlah bermacam-macam.

Klasifikasi tersebut bisa dilihat berdasarkan bentuknya, port yang digunakan, sampai dengan output tegangannya. Mayoritas charger smartphone saat ini menggunakan port micro USD ataupun USB Type-C dengan output sekitar 1 sampai dengan 3 ampere. Biasanya yang memiliki output besar adalah charger smartphone dengan fitur fast charging.

Berbicara soal charger HP, banyak penggunanya kerap mengeluh karena sering rusak. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa charger HP memang sebuah alat yang rawan rusak mengingat pemakaiannya yang sangat sering dan kurangnya pemahaman dalam merawatnya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan berbagi sedikit info mengenai cara servis charger HP.

Cara Memperbaiki Charger HP

Sebelum memulai memperbaiki charger HP yang rusak baik itu rusak kabelnya, port USB nya, ataupun tegangannya, ada baiknya anda tahu dulu apa saja hal-hal yang menyebabkan sebuah charger HP bisa rusak. Dengan begitu anda akan lebih murah saat ingin memberbaikinya. Berikut beberapa penyebab rusaknya charger HP.

  • Kabel yang rusak (putus atau terkelupas)
  • Port yang kotor dan berkarat sehingga listrik tidak bisa mengalir
  • Ada pin atau plat dalam port yang patah atau miring
  • Salah pasang baterai
  • Penggunaan baterai yang tidak ori dan sesuai

Nah, setelah anda tahu beberapa penyebab charger HP rusak, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki charger HP. Cara ini dibedakan menjadi 3 yakni, mati total, power mati hidup, dan tidak dapat mengisi daya. Penasaran? Langsung saja simak baik-baik ulasan Belajar Elektronika berikut ini.

1. Charger Mati Total

Masalah yang satu ini terjadi saat anda mencolokkan charger ke listrik namun tidak dapat mengisi daya ke baterai alias tidak ada listrik yang mengalir. Atau bisa juga listrik yang mengalir sedikit terhambat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai menjadi lambat. Berikut cara mengatasinya.

  1. Pertama-tama periksa slot plus dan minus baterai dengan multimeter
  2. Tukar kabel charger atau adapter dengan kabel atau adapter charger lain untuk mengetahui letak kerusakan apakah pada kabel atau adapternya
  3. Jika yang rusak kabelnya, maka sebaiknya anda mengganti dengan kabel yang baru
  4. Namun jika yang rusak adalah adapternya, berati anda harus membongkarnya dan mengecek komponen di dalamnya satu per satu serta aliran listriknya
  5. Tapi jika yang rusak adalah portnya, maka perbaiki dengan membersihkan port yang kotor dengan tusuk gigi
  6. Setelah masalah teratasi silahkan coba kembali

2. Power Mati Hidup

Permasalahan power charger HP yang sering mati dan hidup saat digunakan biasanya terjadi karena ada kabel yang putus di dalam. Hal ini terjadi karena anda salah menggulung kabel charger. Solusinya adalah anda harus menyambung kembali kabel yang putus atau menggantinya dengan kabel yang baru.

  1. Pertam-tama cari kabel yang putus dengan multimeter
  2. Setelah itu potong bagian yang putus
  3. Sambung kembali
  4. Cek pula port atau konektor charger dan HP anda. Bisa jadi kerusakan ada pada port
  5. Jika memang iya silahkan bersihkan port dan lakukan perbaiki
  6. Apabila sudah, silahkan tes kembali.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

3. Tidak Dapat Mengisi Daya

Masalah lain yang biasa dialami oleh charger HP adalah tidak bisa mengisi daya baterai HP. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini muncul diantaranya adalah karena ada komponen di dalamnya yang rusak. Atau bisa juga karena karena baterai yang anda gunakan rusak. Berikut adalah contoh skema charger HP.

rangkaian charger hp

Demikian informasi singkat mengenai cara memperbaiki charger HP yang rusak baik charge Samsung, Nokia, Sony, atau Xiaomi. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • memperbaiki charger hp
  • cara memperbaiki charger hp
  • cara memperbaiki charger hp yang rusak
  • cara memperbaiki port charger hp yang rusak
  • skema charger hp samsung
  • cara memperbaiki port charger hp
  • charger hp
  • cara memperbaiki charger hp nokia
  • charger rusak
  • Cara service charger hp

Leave a reply "Cara Memperbaiki Charger HP yang Rusak"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.