Cara Memperbaiki Headset yang Rusak Mati Sebelah

49898 views

cara-memperbaiki-headset-yang-rusak-mati-sebelah

Cara Memperbaiki Headset yang Rusak Mati Sebelah – Untuk anda yang suka mendengarkan musik menggunakan smartphone ataupun perangkat MP3 player lainnya, tentunya sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama headset atau earphone bukan? Ya, alat tersebut digunakan untuk mendapatkan sensasi suara musik yang lebih maksimal.

Saat berada di keramaian, tentunya suara loudspeaker pada smartphone akan kalah dan sulit terdengar. Dengan menggunakan headset atau earphone, masalah tersebut bisa teratasi. Seiring dengan perkembangan waktu, ada banyak sekali model headset yang beredar di pasaran, mulai dari headset kabel sampai dengan headset bluetooth atau wireless.

Ada pula headset mono yang mengeluarkan output suara tunggal, dan stereo yang mengeluarkan output suara ganda. Pada umumnya, headset atau earphone kabel punya dua output yang dirancang untuk telingan kiri dan kanan. Akan tetapi headset jenis ini rawan rusak dan sulit untuk diperbaiki.

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Ada banyak sekali jenis kerusakan yang kerap dialami oleh headset baik headset kabel ataupun headset bluetooth. Kerusakan tersebut diantaranya adalah suara pecah, suara kecil, hingga colokan bermasalah. Tak hanya dialami oleh headset murah, headset mahal seperti Samsung dan Sony juga sama saja.

Salah satu jenis kerusakan yang sangat sering dialami oleh headset atau earphone kabel, baik mono atau stereo adalah mati sebelah. Artinya hanya satu output saja yang bisa mengeluarkan suara, dan output lainnya mati. Akan tetapi kerusakan ini juga mungkin terjadi pada headset bluetooth atau wireless.

Yang menjadi pertanyaan besar, sebenarnya apa yang menjadi penyebab headset rusak atau mati sebelah? Perlu anda tahu, penyebab paling utama masalah tersebut adalah karena ada kabel yang terputus. Selain itu juga bisa disebabkan karena membran speaker yang sudah aus, tapi itu sangat jarang. Berikut langkah pengecekannya.cara-memperbaiki-headset-hp-samsung-bluetooth-rusak-mati-sebelah

  1. Pertama-tama hubungkan headset dengan smartphone, lalu putar lagu atau musik
  2. Dengarkan suara yang dikeluarkan oleh output headset dengan kedua telinga anda
  3. Sembari mendengarkan, tekuk-tekut kabel headset sampai menemukan perubahan suara
  4. Maksud perubahan di sini adalah suara yang dikeluarkan oleh speaker headset (nyala atau tidak)
  5. Jika sudah ketemu bagian kabel mana yang bermasalah, langkah selanjutnya adalah potong kabel tersebut
  6. Potong beberapa cm kabel yang bermasalah, lalu sambungkan kembali
  7. Setelah itu lakukan pengecekan ulang

Baca juga : Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak

Bagaimana, cukup mudah bukan? Untuk melakukan langkah-langkah tadi, anda memerlukan beberapa alat bantu seperti solder, timah, pinset, korek api, dan beberapa alat lainnya sesuai dengan kebutuhan. Jika membran speakernya sudah aus, maka terpaksa harus menggantinya dengan yang baru.

Oh iya, sedikit tips yang harus anda lakukan adalah perhatikan warna kabel saat melakukan penyambungan. Jangan sampai anda salah menyambungnya, karena bisa membuat headset tidak berfungsi. Demikian info singkat mengenai cara memperbaiki headset rusak mati sebelah, baik headset kabel ataupun bluetooth. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki headset yang suaranya kecil sebelah
  • cara memperbaiki headset mati sebelah
  • headset mati sebelah kiri
  • headset mati sebelah
  • cara memperbaiki headset yang mati sebelah
  • cara memperbaiki headset yang rusak sebelah
  • cara memperbaiki headset rusak sebelah
  • cara mengatasi headset mati sebelah
  • memperbaiki headset mati sebelah
  • kenapa headset mati sebelah
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.