Cara Memperbaiki Kerusakan TV Sharp, LG, dan Samsung

4562 views

cara memperbaiki kerusakan tv sharp lg samsungCara Memperbaiki Kerusakan TV Sharp, LG, dan Samsung - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini jamannya TV LCD dan TV LED. TV model lawas seperti TV CRT kini sudah mulai ditinggalkan. Masyarakat lebih memiliki TV LCD atau LED dengan alasan lebih ringkas dan hemat listrik.

Hal tersebut memang tidak salah. Tak heran jika kini brand-brand alat elektronik ternama seperti Sharp, LG, dan juga Samsung juga mulai memproduksi TV LCD dan LED dengan skala yang besar. Walaupun terbilang model baru, namun TV LED atau LCD tidak jarang mengalami kerusakan. Kerusakannya pun juga sangat bervariasi mulai dari hilang gambar sampai mati total.

Nah, pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat informasi terbaru mengenai beberapa penyebab kerusakan TV baik itu merk Sharp, LG, atau Samsung, dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi anda yang penasaran, langsung saja simak ulasan Belajar Elektronika berikut ini.

Cara Memperbaiki Kerusakan TV

Sebelumnya anda perlu tahu bahwa kerusakan TV sangat bermacam-macam. Dan setiap kerusakan tersebut harus ditangani dengan cara yang berbeda-beda. Misal cara memperbaiki TV yang hilang suaranya berbeda dengan memperbaiki TV yang hilang gambarnya. Oleh sebab itu anda harus melakukan diagnosa terlebih dahulu sebelum memulai memperbaiki TV yang rusak.

1. Cara Memperbaiki TV Gambar Kabur

Gambar yang kabur atau blur ini biasa terjadi pada TV tabung atau CRT. Namun tak menutup kemungkinan masalah ini terjadi pada TV LCD atau LED. Penyebabnya sangat bermacam-macam mulai dari tabung bocor sampai dengan fokus fluback yang rusak. Cara mengatasinya coba cek komponen di sekitar flyback, lihat apakah ada yang mencurigakan. Jangan lupa lakukan pembersihan.

2. Cara Memperbaiki TV Mati Total

TV yang mati total adalah TV yang tidak bisa dinyalakan sama sekali. Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan pengecekan mulai dari tegangan, kabel, tombol on/off, tegangan regulator, dan sampai dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Namun mayoritas TV mati total terjadi karena masalah pada tegangan seperti kabel putus dll.

3. Cara Memperbaiki TV Suara Hilang

Masalah yang terap dialami oleh semua jenis TV adalah suaranya yang hilang. Masalah ini biasa disebabkan karena ada kerusakan pada komponen speaker dan sekitarnya. Cara menanganinya, silahkan cek dulu pengaturan volume TV. Setelah itu cek speaker menggunakan multimeter sampai dengan cek konektornya. Pastikan semua komponen tersebut normal.

Baca juga : Cara Servis TV Rusak Lengkap

Demikian informasi singkat mengenai cara memperbaiki kerusakan TV Sharp, LG, dan Samsung. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, utamanya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki tv lg yang gambarnya hilang
  • cara memperbaiki tv plasma lg
  • cara memperbaiki tv led LG
  • cara memperbaiki tv plasma
  • cara memperbaiki tv plasma samsung
  • servis tv led pdf
  • cara memparbaiki rv plasma
  • cara memperbaiki tv lg yang gambarnya hilang lengkap
  • cara memperbaiki tv led samsung
  • cara memperbaiki kerusakan segala jenis tv led

Leave a reply "Cara Memperbaiki Kerusakan TV Sharp, LG, dan Samsung"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.