Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total / Putarannya Lambat

12207 views

cara memperbaiki kipas angin mati total dan putarannya lemahCara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total / Putarannya Lambat - Kipas angin adalah salah satu alat elektronik yang sangat penting, utamanya bagi warga Indonesia yang notabene berada di wilayah beriklim tropis. Hampir setiap hari cuaca sangat panas dan selalu membuat tubuh kita gerah.

Dengan adanya kipas angin atau AC, masalah tersebut menjadi teratasi. Saat ini banyak sekali bereda kipas angin dengan berbagai merk, mulai dari Panasonic, Maspion, Cosmos, Miyako, dan masih banyak lagi yang lain. Kemarin ada sobat pembaca Belajar Elektronika menanyakan bagaimana cara memperbaiki kipas angin Miyako yang rusak?

Nah, kebetulan pada kesempatan yang baik ini, Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi mengenai cara memperbaiki kipas angin yang rusak, baik kerusakan mati total, ataupun yang putarannya lambat. Buat anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lebih lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan Belajar Elektronika berikut ini.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Cara pertama ini digunakan untuk mengatasi kerusakan pada kipas angin yang mati total. Perlu diketahui cara memperbaiki kipas angin gantung atau berdiri yang mati total sebenarnya tidaklah jauh berbeda. Oleh sebab itu langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama-tama siapkan alat tempur yang terdiri dari obeng, solder, timah, kunci pas, dan beberapa alat pendukung lainnya
  2. Setelah itu bongkar casing kipas angin yang mati total
  3. Cek apakah ada jalur listrik AC yang terputus. Jika tidak, lanjut ke pengecekan lainnya
  4. Langkah selanjutnya silahkan cek saklar kipas angin apakah berfungsi normal atau tidak
  5. Apabila tetap tidak ditemukan masalah, langkah berikutnya adalah membongkar casing dinamo kipas angin
  6. Setelah itu temukan thermo fuse yang berada di dalam isolator bersama gulungan dinamo
  7. Cek thermo fuse tersebut menggunakan multitester atau avometer. Jika kondisinya masih bagus, berarti jarum akan bergerak ke arah 0 ohm. Jika tidak berarti thermo fuse rusak dan harus diganti
  8. Sampai di sini biasanya kerusakan sudah ditemukan dan teratasi
  9. Namun jika masih belum, ada kemungkinan dinamo rusak atau terbakar. Solusinya adalah lepas dinamo dan bawa ke tukang dinamo untuk digulung ulang.

Baca juga : Rangkaian Kipas Angin Sederhana

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Lambat

Cara memperbaiki kipas angin Maspion, Cosmos, dan beberapa merk lain yang putarannya lambat ternyata cukup mudah. Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada tiga penyebab yang biasanya mengakibatkan putaran kipas angin menjadi lemah dan lambat, yakni karena kerusakan pada as dinamo, kapasitor, ataupun thermostat. Berikut langkah penyelesainnya.

  1. Pertama-tama siapkan alat tempur yang terdiri dari obeng, solder, timah, kunci pas, dan beberapa alat pendukung lainnya
  2. Setelah itu bongkar casing kipas angin yang mati total
  3. Selanjutnya cek as dinamo. Jika as dinamo kotor maka bersihkan terlebih dahulu menggunakan bensin
  4. Apabila sudah bersih, lakukan pelumasan menggunakan oli bekas atau pelumas lain
  5. Setelah itu cek kapasitor kipas angin. Apabila kapasitor rusak, ganti dengan kapasitor baru yang memiliki nilai antara 1uf/400v sampai dengan 1,5uf/400v
  6. Terakhir lakukan pengecekan pada thermostat. Jika lilitan overheat, maka komponen ini akan terputus atau melemah sehingga mengakibatkan suplay tegangan menjadi menurun dan putaran kipas angin menjadi melemah
  7. Apabila thermostat sudah rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru
  8. Biasanya sampai di sini masalah kipas angin yang putarannya pelan dapat teratasi

Oke, demikian informasi singkat mengenai cara memperbaiki kipas angin mati total dan putarannya melemah. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki kipas angin
  • cara memperbaiki kipas angin gantung
  • cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat
  • memperbaiki kipas angin
  • cara memperbaiki kipas angin maspion
  • cara perbaiki kipas angin
  • cara memperbaiki kipas angin miyako
  • rangkaian kipas angin maspion
  • cara memperbaiki dinamo kipas angin
  • cara memperbaiki kipas angin gantung yang rusak

Leave a reply "Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total / Putarannya Lambat"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.