Cara Memperbaiki Magic Com Philips dan Merk Lain yang Rusak

5183 views

Cara Memperbaiki Magic Com Philipis dan Merk Lain yang Rusak – Sebagian besar dari anda tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya rice cooker alias magic com bukan? Ya, rice cooker alias magic com adalah sebuah alat elektronik rumah tangga yang digunakan untuk menanak dan menghangatkan nasi.

Hampir semua rumah pasti sudah memiliki alat yang satu ini. Seiring perkembangan waktu, harga magic com atau rice cooker juga semakin murah. Saat ini ada banyak sekali brand atau perusahaan yang memproduksi rice cooker mulai dari Philips, Miyako, Yongma, Cosmos, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit tips saat membeli magic com adalah, jangan sampai tergiur dengan iming-iming harga super murah. Karena biasanya magic com murah punya kualitas yang kurang bagus. Banyak keluhan yang sering dialami oleh magic com murah seperti kurang panas, nasi menjadi lebih cepat basi, dan lain sebagainya.

Cara Memperbaiki Magic Com Rusak

Namun bukan berarti semua magic com berharga murah punya kualitas yang kurang bagus. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan magic com bagus dengan harga yang super murah. Salah satu merk magic com yang bagus dan punya harga cukup terjangkau adalah Philips.

Brand yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya karena sudah lama malang melintang di dunia elektronik. Philips tak hanya bisa memproduksi magic com, namun juga alat-alat elektronik lain seperti lampu, kipas angin, mesin cuci, dispenser, dan ada banyak lagi jenis barang elektronik yang lain.

Dibalik hal tersebut, banyak pengguna magic com atau rice cooker, khususnya brand Philips yang mengeluhkan berbagai permasalahan tentang produk magic com yang digunakan. Sebenarnya permasalahan pada magic com ini tak hanya terjadi di brand Philips saja.

Brand-brand lain seperti Miyako, Cosmos, dan Yongma juga sering mengalami masalah-masalah ini. Oleh karena itu kali ini belajarelektronika.net akan mencoba membagikan sedikit info megenai bagaimana cara memperbaiki magic com yang rusak baik itu merk Philips ataupun merk lainnya.

1. Magic com Mati Total

Permasalahan paling mendasar yang sering dialami oleh pengguna magic com adalah rusak mati total. Jika magic com anda mati total, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek kabel steker menggunakan avometer. Pastikan listrik mengalir pada kabel dengan baik. Jika tidak berarti ada bagian kabel yang terputus.

Nah, jika pengecekan kabel sudah anda lakukan dan ternyata normal, langkah selanjutnya anda harus mengecek thermofuse. Cara mengeceknya sama seperti mengecek kabel, yakni dengan menggunakan bantuan avometer. Pastikan thermofuse masih bekerja dengan baik. Apabila rusak, ganti thermofuse dengan yang baru.

Baca juga : Cara Memperbaiki Remot TV Rusak

2. Magic com Tidak Panas

Jenis kerusakan kedua yang sering dialami oleh magic com adalah tidak bisa panas. Tidak bisa panasnya sebuah magic com bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah karena elemen pemanas yang putus, atau bisa juga karena saklar yang sudah tidak berungsi lagi.

Putusnya elemen pemanas dalam sebuah magic com bisa dikenali dari ciri-ciri yakni magic com tidak bisa digunakan untuk menanak nasi, namun bisa digunakan untuk menghangatkan. Cara memperbaikinya cukup simpel, yakni dengan membuka body magic com, dan mengganti elemen lama yang rusak dengan elemen baru.

3. Magic com Tidak Njeglek Otomatis

Pada umumnya saat magic com digunakan untuk menanak nasi, panas yang dihasilkan lebih tinggi dibanding dengan saat menghangatkan. Nah, ketika nasi sudah matang otomatis magic com akan njeglek sendiri dan berganti ke mode menghangatkan nasi. Jika otomatis magic com anda rusak, maka hal tersebut tidak bisa terjadi.

Jika magic com anda tidak bisa njeglek saat nasi yang ditanak sudah matang, maka kemungkinan besar otomatisnya sudah rusak. Otomatis pada magic com tersebut juga biasa disebut dengan thermostat. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti thermostat yang rusak dengan thermostat baru.

4. Nasi Mudah Basi

Ada salah satu permasalahan yang sering dialami oleh magic com yang rusak, yakni ketika digunakan untuk menghangatkan nasi malah jadi lebih mudah basi. Hal tersebut bisa terjadi karena salah satu bagian elemen ntah itu bagian tutup atau bagian samping ada yang rusak, sehingga mengakibatkan panas tidak sempurna.

Namun tidak menutup kemungkinan ada kabel di elemen yang terputus. Oleh karena itu lakukan pengecekan dulu apakah elemen yang rusak atau kabel di elemen yang putus. Jika elemen rusak, ganti dengan yang baru. Namun jika kabelnya yang putus, cukup sambung kembali.

Baca juga : Cara Memperbaiki Dispenser yang Rusak

5. Nasi Mudah Kering

Satu hal lagi permasalahan atau kerusakan yang sering dialami oleh magic com, yakni nasi yang ditaruh di dalamnya menjadi mudah kering. Permasalahan tersebut bisa disebabkan karena bocornya tutup magic com atau thermostat yang memang sudah tidak bisa bekerja dengan baik.

Jika tutup magic com bocor, usahakan bagaimana caranya agar bisa tertutup kembali dengan sempurna. Ntah anda menambalnya atau menggunakan cara lain. Namun jika yang rusak adalah thermostatnya, maka anda harus menggantinya dengan thermostat yang baru.

Semoga informasi singkat mengenai cara memperbaiki magic com rusak merk Phipils atau merk yang lain seperti Yongma, Cosmos, Miyako, dan lain sebagainya ini bermanfaat. Jangan lupa share info ini kepada teman dan kerabat anda agar lebih banyak orang yang tahu dan ikut bisa merasakan manfaatnya.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki magic com digital
  • skema magic com philips
  • magic com rusak
  • cara memperbaiki magic com
  • cara memperbaiki magic com rusak
  • memperbaiki magic com
  • magic com philips rusak
  • cara memperbaiki magic com yang mati total
  • memperbaiki magic com philips
  • cara memperbaiki magicom
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.