Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

32323 views

cara memperbaiki mesin cuci tidak berputarCara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar - Mesin cuci adalah salah satu alat elektronik yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah mencuci pakaian. Tak heran jika kita dapat menemukan mesin cuci hampir di semua rumah. Dengan adanya mesin cuci, kita tak perlu mencuci pakaian secara manual.

Perlu anda ketahui bahwa ada dua jenis mesin cuci, yakni mesin cuci satu tabung dan mesing cuci dua tabung. Perbedaan dari dua mesin cuci tersebut tentunya sudah jelas, yakni jumlah tabung yang dimilikinya. Mesin cuci satu tabung hanya memiliki satu tabung, jadi proses mencuci dan mengeringkannya menjadi satu tanpa perlu dipindah-pindah.

Sebaliknya mesin cuci dua tabung memiliki dua buah tabung, dimana satu tabung berfungsi sebagai pencuci, dan tabung yang lain berfungsi sebagai pengering. Jadi setelah selesai mencuci, anda harus memindahkan pakaian ke dalam tabung pengering. Tak heran banyak orang menyebut mesin cuci dua tabung ini sebagai mesin cuci semi otomatis.

Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Sama seperti peralatan elektronik lain, mesin cuci juga sangat rawan kerusakan. Salah satu jenis kerusakan yang kerap dialami mesin cuci adalah pengering yang tak mau berputar. Ya, sistem pengering mesin cuci menggunakan putara motor. Nah, lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Langsung saja simak baik-baik ulasan Belajar Elektronika berikut ini.

Namun sebelum itu anda perlu tahu dulu bahwa rusaknya sistem pengering mesin cuci ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kabel putus, tali rem putus, kapasitor rusak, door switch rusak, dan masih banyak lagi yang lain. Oleh sebab itu kenali dulu masalahnya, lalu cari solusinya.

1. Kabel Putus

Salah satu masalah yang sering menyebabkan rusaknya pengering mesin cuci adalah kabel putus karena dimakan tikus. Solusinya adalah cari kabel yang putus lalu sambung sesuai warna. Setelah itu lakukan perawatan rutin, bila perlu pasang alat anti tikus pada mesin cuci untuk menghindari kerusakan berikutnya.

2. Tali Rem Pengering Putus

Tak hanya kabel putus saja yang bisa menyebabkan pengering mesin cuci rusak. Tali rem pengering yang putus juga bisa membuat pengering tidak bisa berputar. Solusinya adalah tinggal tarik kawat seling rem sehingga terbuka, lalu coba putar menggunakan tangan. Kalau dapat berputar dengan lancar alias tidak seret, berarti masalah sudah terselesaikan.

3. Kapasitor Rusak

Pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar juga bisa disebabkan karena kapasitor yang rusak. Ciri-cirinya saat pengering diaktifkan maka hanya muncul suara mendengung saja dan mesin tidak mau berputar. Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah mengganti kapasitor yang rusak dengan kapasitor baru.

4. Timmer Pengering Rusak

Rusaknya timmer pengering juga dapat menyebabkan mesin cuci tidak mau berputar. Biasanya masalah ini disebabkan karena pegas dalam mesin cuci sudah usang. Selain itu masalah rusaknya timmer pengering juga bisa disebabkan karena kemasukan semut. Solusinya adalah dengan mengganti dengan yang baru.

Baca juga : Cara Servis TV Rusak

5. Dinamo Terbakar

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penggerak putaran pada mesin cuci adalah motor atau dinamo. Dinamo yang rusak atau terbakar tentunya dapat membuat pengering tidak berfungsi. Solusinya adalah bongkar mesin cuci dan ambil dinamonya, lalu bawa ke tukang servis dinamo untuk diperbaiki. Apabila sudah, pasang kembali ke mesin cuci anda.

Demikian beberapa informasi mengenai cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel menarik ini kepada teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki pengering mesin cuci
  • pengering mesin cuci tidak bisa berputar
  • pengering mesin cuci rusak
  • pengering mesin cuci tidak berfungsi
  • cara memperbaiki dinamo mesin cuci
  • cara memperbaiki mesin cuci
  • pengering mesin cuci tidak berputar
  • Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar
  • dinamo pengering mesin cuci tidak berputar
  • dinamo pengering mesin cuci

Leave a reply "Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.