Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak

1371 views

cara-memperbaiki-remote-tv-yang-rusakCara Memperbaiki Remote TV yang Rusak - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hampir setiap rumah orang-orang  Indonesia sudah memiliki alat elektronik rumah tangga yang bernama TV atau televisi. Ya, alat elektronik tersebut sudah bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.

Televisi atau TV menjadi salah satu alat hiburan murah meriah. Selain itu TV juga bisa dijadikan media informasi yang cukup akurat dan mudah untuk dijangkau. Itulah beberapa hal yang membuat setiap orang atau minimal setiap rumah harus memiliki alat elektronik yang bernama televisi.

Saat ini banyak sekali brand ataupun jenis televisi mulai dari tevelisi layar cembung, layar datar, LCD, LED, dan masih banyak lagi yang lain. Mayoritas TV yang beredar saat ini selalu dilengkapi dengan remote yang berguna untuk mempermudah penggunanya saat hendak pindah atau gonta-ganti chanel.

Cara Memperbaiki Remote TV

Karena sering digunakan, remote TV menjadi salah satu bagian dari televisi yang rawan rusak. Jika remote TV rusak tentunya pengguna akan kebingungan dan merasa repot karena harus mengganti channel menggunakan tombol yang pada body televisi itu sendiri.

Jika remote TV anda rusak, jangan terburu-buru membeli remote yang baru walaupun harganya relatif terjangkau. Karena kita masih bisa memperbaikinya dengan menggunakan trik sederhana yang tidak diketahui banyak orang. Memperbaiki remote TV juga lebih hemat dibanding kita harus membeli remote yang baru.

Sebelum mulai memperbaiki remote TV, ada beberapa hal yang perlu anca cek dan pastikan seperti data baterai dan lain-lain. Pertama-tama pastikan data baterai remote TV masih ada. Jika daya baterai masih ada, langkah berikutnya adalah memperiksa kondisi LED remote.

Cara Memeriksa LED Remote TV

  1. Pertama-tama siapkan remote dan ponsel berkamera
  2. Setelah itu nyalakan kamera pada konsel
  3. Hadapkan LED remote TV ke kamera
  4. Lihat layar ponsel sembari menekan tombol-tombol remote
  5. Jika LED terlihat menyala, berarti LED remote masih normal

Baca juga : Cara Membuat Antena TV Segala Arah

Jika beberapa langkah tersebut sudah anda lakukan dan ternyata masih normal, langkah selanjutnya anda harus melakukan pembongkaran casing remote TV dan mengecek komponen-komponen yang ada di dalamnya. Selain itu anda juga mengecek dan membersihkan PCB remote. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama silahkan buka penutup atau casing remote TV
  2. Setelah itu periksa PCB atau papan tempat menempelkan komponen-komponen remote
  3. Periksa juga keypad atau tombol remote apakah ada kotoran atau air yang menempel
  4. Bersihkan PCB dan juga keypad
  5. Yang terakhir adalah periksa komponen yang seringkali rusak seperti LED atau Kristal 455 KHz
  6. Apabila kedua komponen tersebut rusak, ganti dengan yang baru

Bagaimana, terbilang cukup mudah bukan? Semoga info cara memperbaiki remote TV yang rusak tadi dapat memberikan tambahan wawasan bagi pembaca. Dengan begitu anda bisa memperbaiki remote TV sendiri. Lebih mudah dan murah dibanding dengan beli remote TV baru.

Incoming search terms:

  • cara benerin mesin cuci pen9erin9
  • Box sound baru
  • cara membuat antena tv biar gambar jelas

Leave a reply "Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.