Cara Memperbaiki / Service Power Bank yang Rusak

8575 views

cara memperbaiki servis power bank rusakCara Memperbaiki / Service Power Bank yang Rusak - Power bank adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone secara portable di manapun dan kapanpun. Saat ini keberadaan power bank sangat berguna, mengingat daya baterai smartphone tak terlalu lama, apalagi saat digunakan terus menerus.

Power bank ini bisa digunakan sebagai pengganti charger smartphone ataupun tablet. Akan tetapi daya power bank juga harus diisi terlebih dahulu sebelum digunakan. Dewasa ini jenis power bank sangat bermacam-macam mulai power bank konvensional sampai dengan solar power bank.

Selain itu harganya pun juga bervariasi tergantung berapa kapasitas yang dimiliki oleh power bank tersebut. Semakin besar kapasitas power bank, maka semakin mahal pula harganya. Namun saat ini tak jarang kita temukan power bank dengan kapasitas abal-abal. Biasanya power bank seperti itu punya kapasitas besar dan harga yang murah.

Cara Memperbaiki Power Bank Rusak

Biasanya power bank abal-abal juga mudah rusak saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kerusakan yang terjadi pada power bank sangat bermacam-macam mulai dari mati total, tidak bisa mengisi baterai sampai penuh, sampai dengan tidak bisa diisi ulang saat daya baterainya habis.

Cara memperbaiki power bank rusak juga sangat bermacam-macam tergantung kerusakannya. Perlu anda ketahui bahwa di dalam sebuah power bank terdapat dua komponen utama yakni baterai dan juga board. Anda bisa mengenali kerusakan power bank dari kedua komponen tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Servis Power Bank Mati Total

Jika power bank anda mati total atau tidak mau ngecharge saat digunakan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa kabel USB yang terhubung dari smartphone ke power bank. Pastikan bahwa kabel tersebut masih berfungsi secara normal. Jika tidak ada masalah, selanjutnya cek port USB.

Pastikan port USB pada power bank juga normal. Jika kabel dan port USB normal, langkah selanjutnya adalah membuka casing power bank dan lihat boardnya. Pastikan tidak ada kabel yang putus dan solderan yang terlepat pada bord tersebut. Cek juga apakah ada komponen yang terbakar. Jika ada, langsung lepas dan ganti dengan komponen yang baru.

Baca juga : Rangkaian Power Bank Sederhana

Cara Servis Power Bank Tidak Nge-charge Sampai Penuh

Masalah lain yang sering dialami pada power bank yang rusak adalah tidak mau mengisi baterai smartphone sampai penuh saat digunakan. Padahal sebelumnya baterai power bank sudah terisi sampai penuh. Masalah ini bisa terjadi karena baterai sudah drop atau bocor. Solusinya adalah lepas casing, dan ganti baterai lama dengan baterai baru.

Mudah bukan? Demikian artikel mengenai cara memperbaiki power bank yang rusak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua dalam memperbaiki power bank yang rusak. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya dan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki power bank
  • cara memperbaiki power bank tidak bisa di charge
  • memperbaiki power bank
  • Cara service power bank
  • cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi
  • cara memperbaiki power bank tidak mengisi
  • servis powerbank
  • kenapa powerbank tidak bisa mengisi hp
  • cara memperbaiki power bank yang tidak bisa di cas
  • Cara memperbaiki power bank yang rusak

Leave a reply "Cara Memperbaiki / Service Power Bank yang Rusak"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.