Cara Memperbaiki Setrika yang Tidak Panas (Semua Merk)

313 views

Cara Memperbaiki Setrika yang Tidak Panas (Semua Merk) – Hampir setiap rumah orang Indonesia pasti punya alat elektronik yang bernama setrika. Yang buat anda yang belum tahu, setrika adalah alat yang digunakan untuk merapihkan pakaian agar tidak kusut. Dahulu setrika bekerja dengan menggunakan arang.

Namun seiring perkembangan waktu, hampir semua jenis setrika kini sudah menggunakan listrik. Bicara soal setrika, ada banyak sekali permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh para penggunanya, tak peduli setrika merk Philips, Maspion, Sanyo, Kirin, Niko, Turbo, Miyako, Cosmos, Panasonic, ataupun merk lainnya.

Salah satunya yang paling umum adalah setrika tidak panas. Biasanya setrika menjadi kurang panas setelah digunakan dalam waktu yang lama. Tentunya anda semua bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab setrika tida panas, dan bagaimana cara mengatasinya? Jika anda penasaran, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Setrika Tidak Panas

Ada beberapa hal yang bisa membuat setrika menjadi kurang panas saat digunakan. Beberapa diantaranya disebabkan karena faktor komponen yang rusak di dalam setrika. Sebenarnya setrika ini merupakan alat elektronik dengan rangkaian yang sangat sederhana. Jadi memperbaiki setrika bisa dibilang sangat mudah. Berikut beberapa penyebab utama setrika tidak panas.

  • Masalah pada sambungan listrik
  • Pengatur suhu yang tidak bekerja
  • Lempeng pemanas yang aus

Baca juga : Cara Memperbaiki Magic Com yang Rusak

Cara Memperbaiki Setrika Tidak Panas

Nah, setelah tahu beberapa hal yang menyebabkan setrika menjadi tidak panas, tentunya anda sudah punya gambaran terkait cara memperbaikinya bukan? Jika belum, langsung saja simak baik-baik ulasan mengenai cara servis setrika yang tidak panas. Sebelum itu anda perlu menyiapkan beberapa alat yang memperbaikinya seperti berikut ini.

  • Obeng plus dan juga minus
  • Multitester atau AVO meter
  • Gunting atau cutter
  • Isolasi kertas

Apabila semua alat yang dibutuhkan sudah tersedia, anda bisa langsung memulai proses perbaikan setrika yang tidak panas. Lakukan pengecekan terlebih dahulu agar diketahui penyebab utama mengapa setrika tidak panas, ntah itu karena kabel, sensor suhu, maupun elemen atau lempeng pemanas yang ada pada setrika.

1. Jika Terjadi Masalah Pada Sambungan Listrik

Apabila setrika tidak panas akibat sambungan listrik, yang harus anda lakukan adalah mengganti kabel atau menyambung kabel yang putus. Sebelum itu lakukan pengetesan menggunakan AVOmeter untuk mengetahui apakah kabel benar-benar putus atau tidak. Selain kabel utama setrika, biasanya gangguan sambungan listrik juga bisa terjadi di bagian dalam setrika.

Oleh karena itu lakukan pemeriksaan secara teliti agar bisa diketahui apakah memang benar penyabab setrika tidak panas tersebut karena kabel yang putus atau karena masalah yang lain. Jika memang tidak ada kabel yang terputus atau lepas, lakukan pemeriksaan selanjutnya seperti langkah kedua ini.

2. Jika Pengatur Suhu Tidak Bekerja

Apabila kabel sudah dirasa aman, pemeriksaan selanjutnya bisa anda lakukan pada bagian pengatur suhu. Biasanya masalah ini terjadi pada setrika otomatis. Cara mengatasinya sangat mudah. Anda perlu membuka casing setrika dan mengecek pada bagian pengatur suhu yang biasanya berada di bawah gagang setrika.

Setelah terlihat pengatur suhu, silahkan bersihkan lempeng bimetalnya. Biasanya masalah pengatur suhu hanya disebabkan karena banyak kotoran atau debu yang menumpuk sehingga lempeng bimetal tidak bisa bekerja dengan baik sebagai mana mestinya. Jika masih belum bisa, silahkan lanjut langka ke tiga.

Baca juga : Prinsip Kerja Bimetal Pada Setrika Listrik

3. Jika Lempeng Pemanas Sudah Aus

Nah, biasanya kebanyakan setrika yang tidak panas atau kurang panas terjadi akibat lempeng pemanas yang sudah aus. Orang-orang juga biasa menyebutnya dengan elemen setrika. Cara memperbaikinya mudah saja. Tinggal buka setrika, lalu lepas lempeng pemanas, setelah itu ganti dengan lempeng yang baru.

Anda tidak perlu kawatir karena kita bisa mendapatkan lempeng pemanas setrika dengan mudah di toko-toko alat elektronik. Harganya pun tidak mahal. Setelah anda mengganti lempeng pemanas, dijamin setrika anda akan kembali normal dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Oke, itulah tadi sedikit info mengenai penyebab dan cara memperbaiki setrika yang tidak panas dengan mudah. Cara ini bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Jadi anda tidak perlu kawatir dan repot-repot untuk membawanya ke tempat tukang servis elektronik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.