Cara Memperbaiki Speaker Aktif Suara Kecil dan Mendengung

15636 views

cara memperbaiki speaker aktifCara Memperbaiki Speaker Aktif Suara Kecil dan Mendengung - Banyak yang bertanya-tanya kepada kami sebenarnya bagaimana cara servis speaker aktif baik itu Simbadda, Polytron, ataupun merk lainnya yang memiliki masalah suara kecil dan sering mendengung? Sebenarnya masalah tersebut cukup umum dan sering dialami oleh speaker aktif.

Masalah volume speaker yang kecil dan mendengung tersebut sebenarnya bukan masalah yang besar dan dapat diatasi dengan langkah-langkah mudah. Jika anda memperbaiki speaker tersebut sendiri, maka biaya yang diperlukan tidak banyak, itupun jika anda harus mengganti komponen. Apabila tidak perlu mengganti komponen, berarti anda tak perlu keluar biasa sepeserpun.

Namun jika anda membawa speaker tersebut ke tukang servis, maka biaya minimal yang harus anda keluarkan adalah 20 ribu rupiah, dan bisa lebih. Oleh sebab itu sebaiknya anda mencoba memperbaiki speaker tersebut sendiri terlebih dahulu sebelum anda membawanya ke tukang servis.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif

Oke, berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki speaker aktif baik itu Simbadda, Polytron, ataupun merk lain dengan kerusakan suara kecil dan mendengung saat volume diputar. Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Baca juga : Rangkaian Speaker Aktif USB Sederhana

  1. Pertama-tama silahkan buka casing box speaker yang tersambung dengan kabel daya dan kontrol volume. Lepas semua skrup yang menempel pada box tersebut
  2. Setelah itu lepaskan penutup atau casing box speaker agar tidak mengganggu
  3. Perhatikan sebuah komponen yang digunakan untuk mengatur volume. Komponen tersebut bernama potensio dan memiliki 3 kaki yang menempel atau terpatri dengan PCB. Sumber masalah tersebut berada pada komponen yang satu ini
  4. Ambil sedikit minyak tanah atau alkohol, kemudian tetesilah lubang bagian bawan potensio tersebut dengan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran, karat, dan debu yang menempel sehingga menyebabkan masalah suara
  5. Namun jika kaki yang terpatri pada PCB sedikit longgar, anda harus melakukan penyolderan ulang agar kembali perpatri dengan kuat
  6. Apabila sudah beres, tutup kembali casing box dan pasang semua skrupnya
  7. Speaker aktif sudah selesai diperbaiki dan siap dilakukan ujicoba

Cukup mudah bukan? Demikian sedikit informasi mengenai cara memperbaiki speaker aktif suara kecil dan mendengung. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki speaker aktif suara kecil
  • speaker aktif suara kecil
  • penyebab speaker aktif suara kecil
  • cara memperbaiki speker aktiv komputer merk supreme com
  • speaker aktif polytron suara kecil
  • memperbaiki speaker aktif suaranya kecil
  • kerusakan speaker aktif suara kecil
  • suara speaker aktif kecil
  • cara menyambung kabel headset ke speaker aktif
  • cara memperbaiki speaker aktif

Leave a reply "Cara Memperbaiki Speaker Aktif Suara Kecil dan Mendengung"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.