Cara Memperbaiki Stik PS2 yang Rusak

2997 views

cara memperbaiki stik ps2 rusakCara Memperbaiki Stik PS2 yang Rusak - PlayStation 2 atau yang juga akrab disebut dengan PS2 merupakan salah satu konsol game yang sangat digemari di era tahun 2000. Konsol game ini dibuat oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, yakni Sony sebagai suksesor dari PlayStation generasi pertama alias PS1.

Ketika kita membeli perangkat PS2 akan menjadapatkan beberapa perlengkapan mulai dari konsol itu sendiri, stik PS alias kontroller, kabel-kabel, manual book, dan beberapa bonus lain seperti memori card jika beruntung. Dari banyaknya perlengkapan tersebut, stik PS alias controller lah yang sering mengalami kerusakan.

Pasalanya, stik adalah bagian dari PS2 yang sering digunakan. Kesalahan dalam penggunakan stik PS2 seperti menekan terlalu keras, membanting, dsb dapat menyebabkan stik PS2 mudah rusak. Jikalau anda mengalami masalah tersebut, jangan terburu-buru membeli stik baru karena masih bisa dilakukan perbaikan.

Cara Memperbaiki Stik PS2

Sebelum anda melakukan perbaikan stik PS2, sebaiknya lakukan analisa terlebih dahulu mengenai jenis kerusakannya. Karena masing-masing kerusakan memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Misal analog rusak, salah satu tombol tidak berungsi, sampai dengan mati total.

Mati Total

Stik PS2 yang mati total ini biasanya ditandai dengan tidak bekerjanya semua tombol saat konektor PS2 dimasukkan ke konsol. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kabel yang putus. Cara memperbaiki stik PS2 yang mati total cukup mudah, tinggal temukan kabel yang putus, lalu sambung kembali.

  1. Pertama-tama buka casing stik PS2
  2. Setelah itu lepas sambungan kabel yang terhubung pada stik PS
  3. Cek satu per satu kabel penggunakan avometer untuk mengetahui apakah anda kabel yang putus
  4. Jika sudah menemukannya, potong sebagian kabel
  5. Buang bagian yang putus, lalu sambung sisanya
  6. Cek kembali dengan avometer untuk mengetahui apakah kabel sudah tersambung dengan sempurna
  7. Apabila sudah, sambung kembali kabel stik PS2 ke PCB dengan solder
  8. Tutup casing dan lakukan ujicoba

Tombol Rusak

Kerusakan lain yang sering terjadi pada stik PS2 adalah salah satu tombol tidak mau merespon saat dipencet atau sangat tidak sensitif. Masalah ini biasa terjadi karena karet yang ada di dalam tombol tersebut robek atau rusak akibat terlalu keras saat menekannya. Solusinya adalah mengganti karet tersebut dengan yang baru.

  1. Pertama-tama buka casing stik PS2
  2. Cari tombol yang rusak
  3. Lepas karet pada tombol tersebut
  4. Ganti karet yang sudah rusak dengan karet baru
  5. Anda bisa gunakan karet pada stik PS2 yang sudah tak terpakai
  6. Tutup casing dan lakukan ujicoba

Baca juga : Cara Memperbaiki Dispenser Rusak

Analog Jalan Sendiri

Seringkali pengguna PS2 mengalami masalah saat bermain game, karakter yang dimainkan jalan sendiri. Hal ini biasa terjadi karena ada masalah pada analog stik. Cara memperbaiki stik PS2 yang analognya jalan sendiri cukup mudah, tinggal ganti VR ataupun tongkatnya saja sesuai kerusakannya.

  1. Pertama-tama buka casing stik PS2
  2. Cari bagian analog yang rusak
  3. Cek apakah ada bagian yang patah dari tongkat analog atau tidak
  4. Jika tidak, kemungkinan yang rusak adalah VR nya
  5. Copot VR yang rusak lalu ganti dengan yang baru
  6. Tutup casing dan lakukan ujicoba

Cukup mudah bukan? Pastinya anda semua baik anak-anak maupun dewasa pasti bisa melakukan langkah-langkah mengenai cara memperbaiki stik PS2 rusak tadi dengan benar. Jika ada permasalahan terkait memperbaiki stik PS2, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki stik ps2
  • cara memperbaiki stik ps2 jalan sendiri
  • cara memperbaiki stik ps
  • Cara memperbaiki stik ps 2
  • cara memperbaiki analog stik ps2
  • cara service stik ps2
  • memperbaiki stik ps
  • cara memperbaiki stik ps2 mati total
  • cara servis stik ps 2
  • cara servis stik ps2

Leave a reply "Cara Memperbaiki Stik PS2 yang Rusak"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.