Cara Memperbaiki Tape Mobil JVC yang Rusak

670 views

Cara Memperbaiki Tape Mobil JVC yang Rusak – Seperti yang kita tahu bahwa hampir semua mobil keluaran terbaru selalu dilengkapi dengan tape atau pemutar musik. Bagi sebagian orang, keberadaan tape pada mobil sangatlah penting karena dapat mengusir kebosanan. Apalagi jika penggunanya tinggal di kota besar yang sangat bersahabat dengan yang namanya macet.

Dengan alasan tersebut, mobil yang sudah lawas pun kini juga banyak yang dipasangi tape atau pemutar musik. Saat ini ada banyak sekali merk tape mobil yang dijual di pasaran mulai dari JVC, Pioneer, dan lain-lain. Harganya juga beragam sesuai dengan kualitas. Ada yang dibawah 500 ribu, ada pula yang sampai puluhan juta rupiah.

Mahal murahnya tape mobil ditentukan dengan kualitas, teknologi, serta fitur yang dimilikinya. Ada tape yang dilengkapi dengan koneksi bluetooth, slot USB, dan masih banyak lagi fitur menarik lain. Sama seperti alat elektronik pada umumnya, tape mobil juga rawan rusak karena digunakan terus-terusan. Selain itu cara penggunaan yang salah juga bisa membuat tape cepat rusak.

Cara Memperbaiki Tape Mobil Rusak

Nah, di kesempatan yang sangat bagus ini belajarelektronika.net akan mencoba berbagi sedikit informasi menarik mengenai tips cara memperbaiki tape mobil yang rusak dengan mudah. Namun sebelum mulai memperbaiki, anda perlu mengenali dulu kerusakan pada tape tersebut. Apakah hanya rusak sebagian, ataukah mati total. Langsung saja berikut info lengkapnya.

1. Cara Memperbaiki Tape Mobil yang USB nya Tidak Terbaca

Mayoritas tape mobil yang ada pada head unit mobil telah dilengkapi dengan slot USB yang bisa digunakan untuk memutar file musik pada flashdisk. Namun perlu anda tahu bahwa ada kriteria flashdisk tertentu yang bisa diputar pada USB tape mobil. Biasanya USB tape mobil tidak bisa memutar musik dari flashdisk yang punya kapasitas besar.

Oleh sebab itu sebelum mulai melalukukan pembongkaran pada head unit. Pastikan dulu flashdisk yang anda gunakan benar. Apabila USB tape tidak bisa memutar lagu di flashdisk, coba ganti flashdisk yang berukuran kecil. Jika tetap tidak bisa, maka anda harus membongkarnya. Kerusakan bisa terjadi pada slot USB atau komponen yang ada di dalamnya.

Baca juga : Cara Membuat Charger HP di Mobil Sendiri

2. Cara Memperbaiki Tape Mobil yang Mati Total

Yang kedua ini merupakan kerusakan parah yang sering dialami oleh tape mobil. Tape mobil yang mati total ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena penempatan amplifier yang tidak strategis sehingga sirkulasi udaranya buruk dan menyebabkan panel menjadi overheat alias terbakar. Jika hal ini terjadi, maka anda harus mengganti head unit.

Selain itu tape mobil yang mati total juga bisa disebabkan karena kabel listrik putus, atau suplay listrik yang kurang. Karena itu silahkan cek kelistrikan yang mengarah pada tape mobil. Jika anda ragu, silahkan bawa ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda agar masalah tersebut bisa diperbaiki.

Demikian informasi singkat mengenai cara memperbaiki tape mobil yang rusak merk JVC atau merk yang lain dengan mudah. Meskipun masing-masing mobil punya jenis head unit yang berbeda, namun mayoritas struktur atau susunan rangkaian tapenya tidak jauh berbeda. Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki tape mobil jvc
  • cara memperbaiki blootot jvc mobil rusak
  • cara memperbaiki tape mobil jvc matot
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.