Cara Memperbaiki Tombol Volume dan Power HP yang Rusak

492 views

Cara Memperbaiki Tombol Volume dan Power HP yang Rusak – Pada umumnya semua HP ataupun smartphone yang ada saat ini pasti dilengkapi dengan tombol pengaturan volume (up/down) dan juga tombol power untuk mematikan dan menyalakan perangkat. Tak heran memang karena mayoritas smartphone saat ini sudah menggunakan layar sentuh.

Untuk menyalakan layar smartphone tentu kita harus menekan tombol power. Begitu pula saat ingin mematikannya, kecuali memang sudah disetting kunci otomatis. Karena sering ditekan atau dipencet, tentunya tombol power maupun tombol volume yang ada di HP menjadi mudah rusak.

Pastinya pengguna smartphone akan merasa sangat kesulitan apabila salah satu diantara tombol tersebut ada yang rusak dan tidak berfungsi. Untuk itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semuanya melihat informasi mengenai cara memperbaiki tombol HP yang rusak, baik itu tombol power maupun tombol volume.

Cara Memperbaiki Tombol HP Rusak

Sebelum itu perlu diketahui bahwa ada dua jenis tombol yang biasa digunakan pada HP. Untuk HP branded seperti Samsung, LG, Sony, dan kawan-kawan biasanya menggunakan tombol jenis switch. Sedangkan untuk smartphone lokal yang murah seperti Evercoss dan Mito, biasanya hanya menggunakan bulatan isolator yang dibalut dengan seng sebagai konektor tombol.

Oh iya, sebelum itu anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mengapa tombol power maupun tombol volume pada HP tidak bisa berfungsi dengan baik, atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Beberapa faktor penyebab rusaknya tombol HP adalah sebagai berikut.

  • Tombol terlalu kotor
  • Lempengan seng atau switch berkarat
  • Lempengan seng atau switch bergeser dari tempatnya
  • Ada jalur yang putus

Baca juga : Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Untuk memulai proses memperbaiki tombol power dan volume HP yang rusak, ada beberapa alat yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu seperti obeng HP, cutter, pinset, lem, dan beberapa alat lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika semua alat sudah siap, berikut langkah-langkah memperbaikinya.

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu casing HP anda. Jika HP menggunakan desain unibody, maka anda perlu membukanya dengan obeng dan sedikit mencongkelnya
  2. Buka pula bagian-bagian yang menutupi tombol termasuk rangkaian-rangkaiannya agar tombol bisa terlihat jelas dan lebih mudah untuk diperbaiki
  3. Setelah itu buka lapisan isolator tombol yang rusak sehingga lapisan seng atau switch yang ada di dalamnya terlihat. Anda bisa membukanya dengan menggunakan bantuan cutter
  4. Jika sudah, langsung bersihkan sampai bersih agar dapat digunakan kembali. Namun apabila tombol switch atau sengnya sudah berkarat, maka yang harus anda lakukan adalah menggantinya dengan tombol baru
  5. Apabila sudah oke, letakkan kembali tombol sesuai dengan tempatnya dan rekatkan dengan menggunakan lem agar posisinya tidak bergeser. Terakhir pasang kembali semua rangkaian dan juga casing, lalu silahkan dicoba

Jika kerusakan tombol HP disebabkan karena ada jalur yang putus, maka cara di atas tidak dapat menyelesaikannya. Anda harus membongkar total smartphone dan mencari jalur mana yang putus untuk disambung kembali. Semoga info singkat mengenai cara memperbaiki tombol volume dan power HP yang rusak ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • servis headset mati sebelah
  • tombol volume tergeser

Tinggalkan pesan "Cara Memperbaiki Tombol Volume dan Power HP yang Rusak"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.