Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

4857 views

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia pasti punya alat elektronik yang bernama televisi. Ya, keberadaan televisi alias TV bisa kitakan sebagai salah satu kebutuhan pelengkap yang wajib untuk dipenuhi.

Hadirnya TV bisa memberikan hiburan bagi keluarga baik yang muda maupun yang tua. Itulah sebab mengapa sebagian besar masyarakat perlu yang namanya TV. Dewasa ini ada banyak sekali merk televisi yang beredar di pasaran mulai dari yang terkenal seperti LG, Samsung, Sharp, Toshiba, sampai dengan Phillips.

Ada pula beberapa merk TV China yang beredar di pasar Indonesia seperti Changhong, Akari, Polytron, sampai dengan Ichiko. Biasanya TV China dijual dengan harga yang lebih murah, namun kualitasnya tidak sebagus TV dengan merk ternama seperti LG, Samsung, Sharp, maupun Toshiba.

Memperbaiki TV LCD Bergaris Horizontal

Seperti halnya alat elektronik rumah tangga yang lain, TV juga bisa rusak kapan saja. Biasanya rusaknya televisi bisa disebabkan karane beberapa hal seperti cacat produksi, salah dalam penggunaan, penggunaan yang terus menerus, sampai dengan kerusakan akibat lonjakan listrik. Tentu kerusakannya pun juga bermacam-macam.

Adapun kerusakan yang biasanya dialami oleh TV masa kini antara lain adalah kualitas gambar yang tidak jernih, suara hilang atau tidak keluar, mati total, blank atau nyala biru, sampai dengan munculnya garis baik vertikal maupun horizontal pada layar TV. Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengluas bagaimana cara memperbaiki salah satu kerusakan TV.

Kerusakan yang kami maksud adalah munculnya gariz horizontal pada layar TV yang sangat mengganggu. Kerusakan jenis ini sering terjadi di TV LCD merk Toshiba. Namun tak jarang pula terjadi pada TV merk lain. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab TV Toshiba muncul garis horizontal pada layar?

TV LCD Toshiba yang muncul garis horizontal bisa disebabkan karena masalah tegangan, dan juga bisa disebabkan oleh masalah yang lain. Oleh sebab itu pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengecek sumber tegangan. Jika semua normal, ada baiknya anda melakukan step by step berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

  1. Pertama-tama pastikan tidak ada jalur FPC yang terbakar sebelum anda membuka seluruh casing TV LCD Toshiba yang muncul garis horizontal di layar
  2. Jika oke, periksa semua tegangan yang ada pada output IC Power Tcon. Pastikan tidak ada tegangan yang kurang dalam semua sistem tegangan yang ada
  3. Apabila normal, lanjut periksa IC Scan Driver Max 17108. Pastikan semua normal. Jika terjadi flicker, maka akan menyebabkan penurunan level output di in 13 – 22. Akan tetapi nilai output power akan tetap konstan di 24 volt
  4. Setelah itu lakukan pemutusan jalur pin out 21 yang mengarah ke panel atau FPC, lalu ukur kembali tegangan saat TV hidup. Dalam kondisi normal, tegangan akan konstan di angka 21 – 24 volt
  5. Dengan melakukan cara tersebut, kita bisa mengetahui kerusakan yang terjadi apakah pada IC atau panelnya
  6. Jika kerusakan terjadi pada panel, yang harus dilakukan adalah melakukan jumper tegangan output IC power dengan jalur in yang ada pada FPC atau panel yang sebelumnya telah diputus. Lakukan jumper dengan menggunakan resistor 10 ohm agar aman
  7. Jika semua langkah tadi sudah anda lakukan, silahkan coba kembali. Jika garis horizontal sudah hilang, maka cara tadi berhasil. Jika masih ada, kemungkinan besar kerusakan berada pada bagian FPC

Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jadi semua langkah tadi sudah anda coba dan masih saja gagal. Berarti solusi terakhir adalah membawa TV anda ke tukang servis TV terpercaya yang ada di sekitar rumah. Semoga informasi mengenai cara mengatasi TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal tadi bermanfaat bagi para pembaca semua di manapun anda berada.

Incoming search terms:

  • layar tv lcd bergaris horizontal
  • cara memperbaiki tv led bergaris horizontal
  • layar tv lcd bergaris vertikal
  • cara memperbaiki tv led bergaris vertikal
  • tv lcd garis horizontal
  • cara memperbaiki tv lcd toshiba bergaris vertikal
  • penyebab layar tv led bergaris horizontal
  • cara memperbaiki tv lcd toshiba bergaris horizontal
  • tv lcd toshiba bergaris horizontal
  • cara memperbaiki tv lcd toshiba bergaris
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.