Cara Menambah Daya Listrik Sendiri di Rumah Gratis

8323 views

Cara Menambah Daya Listrik Sendiri di Rumah Gratis – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini listrik telah menjadi salah satu kebutuhan pokok semua orang yang harus dipenuhi. Seiring perkembangan teknologi, hampir semua alat rumah tangga membutuhkan suplay listrik agar bisa digunakan.

Seperti yang kita tahu bahwa listrik yang kita gunakan sehari-hari adalah listrik dari PLN. Meskipun ada beberapa orang yang sudah mulai membuat sumber listrik sendiri untuk dijadikan alternatif listrik PLN seperti menggunakan panel surya hingga pembangkit listrik tenaga angin sederhana.

Apabila kita menggunakan listrik dari PLN, tentu ada batas daya yang ditetapkan mulai dari 900 watt, 1300 watt, 2000 watt, dan seterusnya. Saat kita menggunakan peralatan yang mengonsumsi daya listrik tinggi hingga melebihi batas, tentu panel pada MCB secara otomatis akan mati (atau orang Jawa biasany menyebutnya dengan istilah njeglek).

Cara Menambah Daya Listrik Sendiri

Cara mengatasi listrik “njeglek” atau “njepret” tadi adalah dengan mematikan peralatan yang mengonsumsi daya listrik tinggi. Atau jika tidak anda bisa menambahkan jumlah daya listrik di rumah. Misal yang awalnya 900 dinaikkan menjadi 1300. Hal tersebut tentu akan memakan biaya tambahan karena kita harus mengganti MCB dengan yang baru.

Lantas bagaimana cara menambah listrik di rumah secara gratis? Apakah harus dengan menggunakan cara-cara yang dianggap ilegal? Jawabannya adalah tidak. Pasalnya menggunakan cara ilegal untuk menambah daya listrik di rumah sebenarnya adalah tindakan pidaha dan bisa dikenakan sanksi denda dalam jumlah yang banyak.

Solusi terbaik yang bisa kita gunakan untuk menambah daya listrik sendiri di rumah adalah menggunakan alat-alat sederhana yang dipasang langsung pada perangkat yang mengonsumsi daya listrik dalam jumlah besar. Istilahnya adalah alat untuk menghemat listrik. Kita bisa membelinya di toko-toko listrik baik secara online maupun offline.

Harganya sebenarnya beragam, ada yang murah dan ada yang mahal. Namun perlu anda ketahui bahwa kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info mengenai cara meambah daya listrik di rumah sendiri dengan alat sederhana.

Alat Untuk Menambah Daya Listrik

Contoh kasus misalnya anda menggunakan alat dengan konsumsi daya listrik sebesar 1600 watt. Sedangkan listrik di rumah anda hanya 1300 watt. Nah, solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan alat bantu yang bisa kita buat dari kumparan bekas. Langsung saja berikut penjelasannya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • 2 buat kumparan bekas
  • 1 buah steker
  • 1 buah colokan
  • kabel secukupknya
  • pisau, gunting, dan selotip

Baca juga : Cara Memperbaiki Setrika yang Tidak Panas

Cara membuatnya :

  1. Pertama-tama siapkan dua buah kumparan. Masing-masing kumparan untuk satu kabel
  2. Sambungkan ujung kumparan pertama ke steker menggunakan kabel
  3. Sambungkan juga ujung kumparan yang kedua ke colokan menggunakan kabel
  4. Lakukan pada kumparan yang satunya
  5. Setelah selesai alat bisa langsung dites. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut

Cukup mudah bukan? Anda bisa menggunakan kumparan bekas kipas, pompa air, trafo, atau yang lainnya. Semakin banyak lilitan tembaga yang ada pada kumparan, maka semakin bagus pula efisiensi listriknya. Namun perlu anda ingat bahwa pastikan anda menggunakan kumparan yang kondisinya bagus, dengan artian tidak ada kawat tembaga yang putus.

Selamat mencobanya dan semoga berhasil. Demikianlah informasi singkat mengenai cara menambah daya listrik sendiri di rumah gratis tanpa melalui cara-cara yang ilegal dan melanggar hukum. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca belajarelektronika.net di manapun anda berada.

Loading...

Incoming search terms:

  • cara menambah daya listrik ilegal
  • cara memperbesar daya listrik
  • alat tambah daya listrik simpel
  • cara membuat daya listrik
  • tambah daya listrik sendiri
  • Cara membuat penambah daya listrik
  • cara membuat alay tamvah daya listrik
  • cara memperbesar daya listrik rumah
  • cara menaikkan foltase listrik sendiri
  • cara menambah daya listrik di rumah
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.