Cara Mengatasi Listrik Anjlok atau Jeglek dengan Alat Sederhana

2130 views

Cara Mengatasi Listrik Anjlok atau Jeglek dengan Alat Sederhana – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa energi listrik telah menjadi salah satu kebutuhan pokok umat manusia di era sekarang ini. Pasalnya hampir semua alat yang digunakan oleh manusia perlu asupan energi listrik, mulai dari lampu, mesin cuci, kulkas, rice cooker, dan masih banyak lagi yang lain.

Meskipun belum bisa dibilang keseluruhan, namun hampir semua rumah sudah terkoneksi dengan listrik dari PLN sehingga berbagai macam alat elektronik yang ada bisa digunakan sebagaimana mestinya. Perlu kita ketahui bahwa daya listrik yang ada di rumah satu dengan yang lain berbeda-beda.

PLN punya beberapa pilihan daya listrik mulai dari 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan seterusnya. Seringkali kita bertanya-tanya mengapa listrik di rumah sering jeglek atau jepret saat digunakan untuk menyalakan alat elektronik tertentu seperti TV, komputer, maupun pompa air? Jawabannya sebenarnya sangat sederhana, karena beban listrik melewati batas maksimal.

Cara Mengatasi Listrik Anjlok atau Jeglek

Ya, misal daya listrik di rumah kita adalah 900VA, maka beban listrik tidak boleh melewati nilai tersebut. Jika beban listrik melewati batas tersebut, tentu yang akan terjadi adalah listrik anjlok atau jeglek atau jebret dengan sendirinya. Selain itu ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan listrik mudah jeglek. Salah satunya adalah karena MCB yang sudah lemah.

MCB yang sudah lemah akan menjadi sensitif terhadap kenaikan beban yang signifikan sehingga membuat listrik di rumah menjadi mudah jepret. Yang jadi pertanyaan besar, sebenarnya bagaimana cara mengatasi listrik yang mudah jeglek atau anjlok? Perlukah kita menambah daya listrik?

Sebenarnya bisa saja anda melakukan tambah daya listrik dengan menghubungi pihak PLN. Namun hal tersebut akan memakan waktu lama dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya anda mencoba dulu alat untuk mengatasi listrik jeglek atau jepret.

Ya, sebenarnya kita bisa membuat alat untuk mengatasi listrik jeglek atau jepret sendiri karena memang komponen yang dibutuhkan sangat sederhana. Alat tersebut bernama soft starter yang berfungsi untuk mencegah kenaikan beban listrik yang signifikan saat sebuah alat elektronik pertama kali dinyalakan.

Komponen utama dari soft starter ini adalah resistor. Sebenarnya di hampir semua peralatan elektronik sudah dilengkapi dengan soft starter. Hanya saja soft starter tersebut kadang  kurang bisa berjalan dengan maksimal. Berikut skema rangkaian alat untuk mengatasi listrik jeglek atau jepret alias soft starter yang sangat sederhana.

Bagaimana, sangat simpel bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika anda masih bingung dimana beli bahannya, anda bisa langsung mengunjungi toko komponen elektronika di sekitar rumah. Semua bahan tersebut bisa anda temukan dengan mudah di sana. Oh iya, berikut sedikit tips cara menggunakan soft starter agar listrik tidak mudah jeglek.

Jika yang terhubung hanya satu perangkat :

  1. Pertama-tama colokkan softstarter ke stop kontak listrik terlebih dahulu
  2. Setelah itu pastikan saklar terputus untuk mengaktifkan resistor soft starter
  3. Jika sudah, colokkan perangkat yang digunakan ke stop kontak soft starter
  4. Tunggu bebera detik lalu hidupkan saklar sehingga resistor softstarter terbypass

Jika yang terhubung banyak perangkat :

  1. Pertama-tama lepas softstarter dari stop kontak listrik
  2. Setelah itu putus juga saklar agar reistor softstarter aktif
  3. Jika sudah, colokkan perangkat-perangkat ke stop kontak softstarter
  4. Selanjutnya colokkan soft starter ke colokan listrik
  5. Tunggu bebera detik lalu hidupkan saklar sehingga resistor softstarter terbypass

Demikian informasi singkat mengenai cara mengatasi listrik jeglek atau jepret dengan alat sederhana berupa softstarter yang terbuat dari komponen resister. Jikalau informasi kali ini menurut anda bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya ke teman-teman melalui semua akun sosial media yang anda miliki. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • Cara Mengatasi Listrik Anjlok atau Jeglek dengan Alat Sederhana
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.