Cara Mengatasi Masalah AC Kedap Kedip Tidak Dingin

482 views

Cara Mengatasi Masalah AC Kedap Kedip Tidak Dingin – Karena Indonesia adalah negara tropis yang punya suhu cukup panas, sudah barang pasti masyarakatnya perlu alat untuk mendinginkan ruangan. Tujuannya tak lain agar suasana rumah yang ditempati menjadi lebih nyaman. Ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan. Salah satunya adalah AC.

Ya, AC adalah singkatan dari air conditioner yang merupakan sebuah alat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk menjaga suhu ruangan agar tetap dingin. AC banyak digunakan di rumah-rumah, penginapan, perkantoran, tempat belanja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sama seperti halnya alat elektronik pada umumnya, AC juga bisa saja mengalami kerusakan. Ada banyak sekali jenis kerusakan yang biasanya dialami oleh AC. Dan kerusakan tersebut menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan ruangan. Tentunya anda bertanya-tanya sebenarnya apa yang menyebabkan AC bisa rusak?

Cara Memperbaiki AC Kedap Kedip

Pada umumnya, untuk AC keluaran terbaru selalu dilengkapi dengan LED atau lampu indikator. Melalui lampu indikator tersebut, kita bisa mengetahui apakah AC bisa berfungsi dengan normal atau sedang mengalami masalah. Biasanya AC yang bermasalah ditandai dengan lampu indikator yang kedap-kedip.

Lampu indikator yang kedap-kedip tersebut dibarengi dengan kondisi AC yang menjadi tidak dingin lagi. Nah, ada dua hal yang dapat menjadi penyebab mengapa lampu indikator AC kedap kedip, yakni karena masalah freon, dan yang kedua karena komponen elektronik dalam AC yang bernama thermistor.

AC merk apapun mulai dari Samsung, LG, Panasonic, Sanyo, Toshiba, Daikin, Sanken, dan lain-lain pasti dilengkapi dengan freon dan komponen thermistor. Berikut cara mengatasi lampu indikator AC yang kedap-kedip karena masalah pada freon dan juga thermistor. Silahkan disimak baik-baik.

Lampu AC Kedap Kedip Karena Kurang Freon

Penyebab pertama lampu AC kedap kedip ialah karena tekanan freon yang kurang. Masalah ini kerap terjadi utamanya pada AC jenis inverter. Untuk mengatasi masalah ini, anda hanya perlu melakukan pemeriksaan dan pembersihan secara berkala. Bersihkan AC dari berbagai macam debu dan kotoran yang menempel.

Jika memang freon sudah mulai habis, anda bisa melakukan isi ulang untuk menambah suplay freon yang dibutuhkan. Oh iya, kurangnya tekanan freon juga bisa disebabkan karena kebocoran, meskipun hal tersebut jarang terjadi. Pada umumnya masalahnya terjadi akibat AC yang kotor dan tidak pernah diperiksa secara rutin.

Baca juga :

Lampu AC Kedap Kedip Karena Thermistor Rusak

Masalah lampu indikator AC yang kedap-kedip juga bisa disebabkan karena komponen thermistor yang rusak. Komponen yang satu ini sangat berpengaruh terhadap kinerja AC secara keseluruhan. Cara mengatasinya anda harus membongkar AC, dan menemukan komponen thermistor pada rangkaian modul.

Jika memang sudah ditemukan, silahkan periksa menggunakan multimeter. Apabila komponen thermistor rusak, coba lepas dan ganti dengan komponen yang baru. Ingat, sebaiknya anda juga melakukan pemeriksaan ke komponen yang lainnya. Siapa tahu penyebab lampu indikator nyala bukan thermistor yang rusak, melainkan komponen lain seperti elco ataupun motor fan.

Oke, itulah tadi ulasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu AC kedap kedip dan tidak dingin. Semoga info tadi bisa memberikan referensi tambahan bagi anda para teknisi elektronika pemula yang masih kesulitan dalam memperbaiki alat-alat elektronik, terutama AC.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.