Cara Mengetahui dan Mengukur Nilai Watt Pada Resistor

1147 views

Cara Mengetahui dan Mengukur Nilai Watt Pada Resistor – Tentu anda semua para teknisi elektronika sudah tidak asing dengan yang namanya resistor. Ya, resistor sendiri termasuk salah satu komponen elektronika dasar yang sangat penting dan digunakan di hampir semua jenis rangkaian elektronika, termasuk rangkaian yang sangat sederhana sekalipun.

Resistor sendiri memiliki fungsi sebagai hambatan listrik. Jenis-jenisnya pun sangat beragam mulai dari resistor tetap sampai dengan resistor variabel. Satuan dari resistor sendiri adalah ohm. Biasanya kita bisa mengetahui nilai hambatan dari sebuah resistor dengan cara melihat gelang warna yang ada pada bagian bodynya.

Selain hambatan, biasanya kita menilai sebuah resistor dari dayanya atau wattnya. Mungkin beberapa teknisi elektronika belum tahu bahwa resistor ternyata punya nilai daya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semuanya untuk melihat info lengkap mengenai daya atau nilai watt pada resistor.

Cara Mengetahui Nilai Watt Pada Resistor

Pada dasarnya untuk mengetahui dan mengukur daya pada sebuah resistor tidaklah rumit. Kita hanya perlu mengetahui nilai tegangan, arus, dan juga hambatan pada sebuah resistor yang ingin kita ukur dayanya. Untuk itu bisa langsung digunakan persamaan atau rumus sebagai berikut.

Baca juga : Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Warna

Keterangan :

  • adalah daya resistor dengan satuan Watt
  • V adalah tegangan resistor  dengan satuan Volt
  • I adalah arus mengalir melalui resistor dengan satuan Ampere
  • R adalah resistansi resistor dengan satuan Ohm (Ω)

Dengan rumus cara mengetahui daya resistor tadi, anda bisa mengukur nilai watt pada sebuah resistor dengan mudah dan tepat. Jika masih bingung silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini agar kita bisa sama-sama belajar.

Oke, demikianlah tadi ulasan singkat mengenai cara mengetahui dan mengukur nilai watt pada resistor dengan mudah. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi para pembaca semua di manapun kalian berada terutama para teknisi elektronika pemula yang baru belajar tentang teori elektronika dasar seperti yang kami bagikan kali ini.

Incoming search terms:

  • gangguan suara pd tv lcd dan memperbaikin
  • cara mengetahui nilai watt pada resistor
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.